Pulau Rupat Kembali Membara, 10 Hektare Lahan Terbakar

BENGKALIS(DUMAIPOSNEWS)– Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali terjadi di pulau Rupat Kabupaten Bengkalis. Kali ini karhutla terjadi di Dusun Teluk Kumbang Desa Sukarjo Mesim Kecamatan Rupat. Kebakaran sejak seminggu lalu itu telah menghanguskan lebih kurang 10 hektare.

Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto menyebutkan petugasnya terus melakukan pemadaman di sana dan kini api sudah mulai padam, “Alhamdulillah api sudah mulai padam, cuma saja asap lima hari lalu sangat tebal dan sejak kita bersama tim berada di lokasi asap sudah mulai berkurang,” kata Sigit, Rabu (26/2) lalu.

Kongkowkuy

Dikatakan, angin kencang menjadi kendala dalam proses pemadaman. Petugas berjibaku memadam api mengingat jarak karhutla yang terjadi hanya 3 KM dari pemukiman warga.

“Jaraknya lebih kurang 3KM dari pemukiman, namun meskipun mengeluarkan asap di lokasi karhutla tidak sampai ke pemukiman warga, jadi untuk aktivitas warga tidak terganggu, ” ujarp Sigit lagi.

Pemadaman karhutla beberapa hari lalu sempat dibantu melalui water bombing. Petugas di lapangan tergabung dari TNI, MPA, Masyarakat, Damkar, BPBD serta dari Polisi. Dia menegaskan pihaknya tetap berusaha maksimal.

“Peralatan untuk pemadaman di lokasi cukup tersedia begitu juga dengan petugas. Ya semua cukup dan alhamdulillah petugas semua dalam keadaan sehat,” pungkas Kapolres sembari mengatakan lahan terbakar merupakan perkebunan sawit yang belum diketahui pemiliknya.(auf)

Editor : bambang Rio