SMPN 2 Dumai Gelar Berbagai Perlombaan Secara Virtual

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)– Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda di masa pandemi Covid-19, SMP Negeri 2 Dumai menggelar berbagai rangkaian lomba secara virtual atau online. Perlombaan tersebut diikuti penuh semangat oleh pelajar kelas VII, VIII dan IX di SMP Negeri 2 Dumai.

Kepala SMP Negeri 2 Dumai, Hj Saidatun Syabibah SPd MPd kepada Dumai Pos Senin (16/11) mengatakan lomba diadakan antar kelas secara virtual untuk menerapkan protokol kesehatan yaitu social distancing agar tercipta kondisi yang aman dan sehat.

Kongkowkuy

Perlombaan ini bertujuan untuk mengingat kembali sejarah Sumpah Pemuda dan mengevaluasi kegiatan literasi di sekolah selama masa pandemi, serta untuk meningkatkan solidaritas dan menampilkan kreativitas bakat yang dimiliki para pelajar.

”Kegiatan ini tidak saja untuk menggali potensi bakat dan minat anak-anak kita, lebih dari itu untuk mengevaluasi kegiatan literasi selama masa pandemi yang terus berlangsung. Ya, karena SMPN 2 full daring atau belajar jarak jauh sehingga lomba ini kita gelar secara virtual atau online. Alhamdulillah, antusias anak-anak sangat tinggi dan kepada mereka yang menang diberikan hadiah, saguhati dan sertifikat kemudian khusus juara umum kelas diserahkan piala bergilir. Penyerahan pemenang lomba ini terbatas untuk siswa yang menang didampingi orangtuanya yang langsung dihadiri Plt Kadisdikbud Kota Dumai Pak Sarwono,” ujar Saidatun Syabibah usai acara penyerahan hadiah.

Kepala sekolah didampingi Wakil Kesiswaan Syofani Hasibuan SAg, Wakil Kurikulum Reni Alex Triana SPd, Wakil Sapras Hj Hastati SPd dan Ketua Panitia Muharres SPd menjelaskan lomba yang ditaja antara lain olimpiade IPA, olimpiade IPS, olimpiade Matematika, story telling, cipta dan baca puisi, menulis cerpen, dai dan tilawah.

Perlombaan berlangsung 19 Oktober sampai dengan 22 Oktober, dengan teknisnya dilakukan secara online sebagaimana tata tertib pelaksanaan lomba yang ditentukan pihak panitia.

”Walaupun saat ini dalam masa kenormalan baru pandemi Covid-19, SMP Negeri 2 Dumai dengan pembelajaran jarak jauh atau daring namun terus mengasah kreativitas anak-anak lewat berbagai program terpadu. Harus diakui bahwa kondisi pandemi sekarang ini membuat segala kegiatan sulit untuk dilakukan, karena tidak dimungkinkan untuk bertemu muka namun hal itu tidak menjadi halangan untuk anak-anak kita terus berprestasi meskipun dari rumah. Alhamdulillah, kegiatan ini sukses dilaksanakan SMP Negeri 2 Dumai,” ungkapnya bahagia.

Saidatun Syabibah menambahkan kegiatan lomba kali ini berbeda, dimana pandemi Covid-19 yang melanda membuat masyarakat harus menjalani masa adaptasi kebiasaan baru dan SMPN 2 harus menjalankan protokol kesehatan supaya kemampuan anak-anak bisa tersalurkan, sehingga tetap ada kebanggaan tersendiri bagi mereka.

”Sebab meski dimasa pandemi, anak-anak harus tetap berkreativitas menggali potensi mereka walaupun virtual tapi masih tetap bisa memperingatinya. Saya berharap pandemi Covid-19 segera berakhir, supaya kegiatan belajar mengajar kembali normal seperti sedia kala. Mudah-mudahan kedepan kegiatan ini bisa terus dilaksanakan sekolah,” tutupnya yang juga Plt Kepala SMPN Binsus Kota Dumai.(des)