14 Santri Ponpes BHD Keracunan, Satu Santri Asal Sungai Manasib Meninggal Dunia

UJUNGTANJUNG (DUMAIPOSNEWS.COM) — Sebanyak 14 orang Santriwati Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah (Ponpes BHD) yang terletak di Simpang Benar Kepenghuluan Ujung Tanjung Kecamatan Tanah Putih keracunan makanan.

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum Dumai Pos, Rabu (15/5) petang kemarin menyebutkan, bahwa insiden keracunan tersebut terjadi pada Ahad (12/5) sekitar pukul 21.00 Wib.

Kongkowkuy

Dan dari insiden tersebut diketahui seorang santriwati, yakni atas nama Safitri (16 ) warga Kepenghuluan Sungai Manasip Kecamatan Bangko Pusako ini meninggal dunia pada hari Selasa (14/5) sekitar pukul 21.00 Wib setelah mendapatkan perawatan medis.

Sementara itu 13 orang santriwati yang masih dirawat di Rumah Sakit Athaya Ujung Tanjung yakni masing-masing Laila Azzahra (15) warga Balam Km 8, Dwi Andini (14) warga Balam km 16, Zahwa Oktavia (14) warga Pematang Padang, Adelia kasih (14 ) warga Dumai, Fika Khairani (14) warga Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir.

Tiara Rama sari (15) warga Balam Km 12, Marsela (16) asal Medan, Fahira As-Syafa (13 ) warga Dumai, Nadia (13 ) warga Balam, Kesya (14 ) warga Duri, Rahmawati (15 ) warga Tanah Putih Tanjung Melawan, Syifa Aulia (14 ) warga Dumai, serta Niha Mutiara Syafa (17) warga asal Rantau Prapat, kabupaten Labuhan Batu, Sumut.

Keterangan ini disampaikan Plh Kapolsek Tanah Putih AKP Yuliardi SH melalui Plh Kasi Humas Polres Rohil Iptu Yulanda Alvaleri STrk MM.

Menurut Yulanda, bahwa kabar tersebut bermula adanya informasi dari Ustad Iwan bahwa ada Santriwati pondok pesantren Bidayatul Hidayah yang diduga mengalami keracunan makanan dan di bawa ke RS Athaya Ujung Tanjung.

Berdasarkan informasi Ustad Iwan, bahwa pada hari Ahad (12/5) kemarin telah diadakan acara Milad Pesantren Bidayatul Hidayah dilapangan Pondok Pesantren.

Diduga saat itu para santriwati tersebut membeli makanan yang datang dari luar pondok masuk berjualan disekitaran pondok pesantren jenis makanan Siomay.

Dan sekira pukul 21.00 Wib para santriwati tersebut ada yang mengalami keracunan dan kemudian langsung mendapatkan perawatan di Klinik Bidayatul Hidayah.

Karena kondisinya yang tidak mengalami kemajuan, sehingga pada hari Selasa (14/5) sekitar pukul 20.00 Wib para korban dibawa ke Rumah Sakit Athaya Medika Ujung Tanjung.

” Namun, salah seorang santriwati atas nama Safitri (16 ) asal Sungai Manasip Kecamatan Bangko Pusako meninggal Dunia pada hari Selasa (14/5) sekitar pukul 21.00 Wib dan Dibawa ke Rumah duka pada hari Rabu (15/5) sekitar pukul 04.00 Wib, untuk dikebumikan oleh pihak keluarga.

Terkait Kejadian dugaan keracunan makanan ini pihak Kepolisian Polsek Tanah Putih juga telah melakukan penyelidikan dan olah TKP di Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah dan nembawa barang bukti berupa kain sarung alas tempat tidur yang ada noda muntah, bantal tidur serta sampah makanan.

” Adapun gejala yang dialami oleh Santriwati yang diduga keracunan adalah Sesak, Mual, dan Mencret. Dapat kami tambahkan berdasarkan keterangan Dokter IGD RS Athaya Medika dr. Handri bahwa penyebab meninggalnya korban diduga adalah akibat keracunan Makanan,” terang Iptu Yulanda Alvaleri.(min)