60 KK Terima Paket Sembako BSM KCP Dumai Sukajadi

DUMAI ( DUMAIPOSNEWS.COM ) – Makin tinggi kepercayaan nasabah menempatkan dananya semakin tinggi pula pendapatan Bank Syariah Mandiri (BSM). Tentunya semakin besar pula realisasi program bantuan sosial disalurkan BSM kepada masyarakat sekitar.

Demikian disampaikan Branch Manager Bank Syariah Mandiri (BSM) KCP Dumai Sukajadi Henri Sanada dalam sambutannya disela kegiatan penyaluran bantuan Laznas BSM 2020 senilai Rp.10 juta kepada
masyarakat melalui pengurus Masjid Hidayatul Awam gang Hidayat Sukajadi, Kelurahan Rimbasekampung, Kecamatan Dumaikota.

Kongkowkuy

Masjid ini rumah ibadah yang terdekat sekaligus mitra, satu lingkungan dengan BSM KCP Dumai Sukajadi. Diwujudkan dalam bentuk 60 paket Sembako, bantuan yang bersumber dari zakat, infaq dan sodaqoh para nasabah BSM dikelola melalui Lembaga Amil Zakad Nasional (Laznas) BSM.

Diterima oleh 60 Kepala Keluarga (KK) secara simbolis, mereka adalah warga kurang mampu asal 3 RT kelurahan terdekat, yang pantas menerima bantuan Berlangsung ba’da Ashar, penyerahan bantuan dilaksanakan langsung oleh Henri Sanada dalam Masjid Hidayatul Awam Gang Hidayat, Sukajadi, Jumat (13/11) sore.

BSM juga kerap menyalurkan bantuan melalui bentuk kegiatan yang sifatnya insidentil. Diseluruh wilayah Indonesia ini merupakan program BSM Mengalirkan Berkah. Berkantor dilingkungan kawasan Sukajadi, BSM sudah ada semenjak tahun 2011 atau sudah sembilan tahun.

“Program BSM Mengalirkan Berkah, ini serentak kita laksanakan diseluruh Indonesia. BSM KCP Dumai Sukajadi ada sejak 2011. Alhamdulillah 2020 ini masuk tahun kesembilan, kita salurkan zakat infaq, sodakoh nasabah yang dikelola melalui Laznas BSM, disalurkan dengan bekerjasama dengan masjid yang menjadi mitra terdekat dengan lokasi kantor,” terang Henri Sanada tentang program CSR BSM KCP Dumai Sukajadi.

Sejumlah warga yang berdomisili disekitar Kantor BSM KCP Dumai Sukajadi menyampaikan ungkapan haru menyusul lanjutan penyaluran bantuan dan kepedulian BSM KCP Sukajadi tahun ini. Apalagi, ditengah kondisi pandemi Covid 19 yang sangat berdampak ekonomi, kepedulian pihak BSM sungguh sangat membantu masyarakat kawasan sekitarnya berkantor.

Dua dari puluhan KK penerima bantuan warga RT 17 masing-masing Asriyani dan Rusli mengungkapkan terimakasihnya kepada pihak BSM KCP yang meliputi belasan karyawan. “Semoga BSM selalu lancar dalam bisnisnya dan semakin banyak nasabah. Kita sangat bersyukur dengan adanya bantuan ini yang disalurkan untuk masyarakat disi ni,” sebut Asriyani, salah seorang penerima bantuan yang diwawan cara.

Demikian juga diutarakan Rusli warga RT 17 Kelurahan Rimba Sekampung yang juga menerima bantuan BSM KCP Sukajadi. Hal senada disampaikan Pengurus Masjid Hidayatul Awam H Irman (Bendahara) didampingi Edi Santoso kepada Dumai Pos.

“Enam puluh KK ini yang berhak sebagai penerimanya. Kami sangat bersyukur dengan kembali adanya kepedulian BSM KCP Sukajadi. Kami lihat semenjak ada BSM ini, sudah beberapa kali masjid kita dapat bantuan. Kami sebagai pengurus masjid dan masyarakat sangat- sangat berterimakasih kepada BSM,” terang H Irman.

Ditengah situasi pandemi Covid 19 seperti saat ini, peran masjid dapat ditingkatkan atau dioptimalkan sebagai kelembagaan yang mampu memberikan solusi dan manfaat sosial maupun ekonomi
pada lingkungan atau masyarakat yang terdampak. Sesuai misi ke 6 BSM yaitu “Meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,” eksistensi Mandiri Syariah seharusnya dirasakan seimbang ditengah masyarakat.

Selain dirasakan perannya menumbuhkan kemampuan keuangan nasabah, Mandiri Syariah juga dirasakan perannya dalam berkontribusi sosial (mengalirkan). Secara umum konsep program BSM mengalirkan
berkah adalah kegiatan charity, berupa penyaluran dana zakat melalui berbagai kegiatan. Ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Implementasi program melibatkan berbagai pihak dengan memberdayakan masjid yang menjadi mitra kerja BSM. Masjid menjadi mitra BSM dalam penyaluran bantuan program. Dana program BSM menga lirkan berkah 2020 bersumber dari zakat perusahaan yang dikelola Laznas BSM.(ery)