Terus Membaik, Pasien Suspect Corona di Dumai Beraktivitas Tanpa Infus

DUMAI(DUMAIPOSNEWS.COM ) – Kondisi pasien Suspek Corona yang dirawat di RSUD Dumai terus membaik, meskipun hasil dari observasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Riau hingga saat ini masih ditunggu oleh Dinkes Kota Dumai.

Plt Kepala Dinkes Dumai, Syahrinaldi melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Dumai,  dr Syaiful‎ mengaku kondisi pasien Suspect Corona yang dirawat di RSUD Dumai terus membaik dari hari ke hari. ‎

“Kondisinya semakin membaik, dan pasien juga sudah bisa beraktifitas sendiri tanpa bantuan perawat atau tenaga medis, seperti makan, minum, buang air dan lainnya, tapi masih tetap di ruang isolasi, sampai hasil observasi pihak Dinkes Provinsi ke luar,” ujar Syaiful, Kamis (12/3).ia mengaku, hingga saat ini pihaknya masih menunggu hasil sampel atau uji laboratorium yang dilakukan oleh tim Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Kongkowkuy

“Apapun hasilnya nanti akan disampaikan ke publik, kalau hasilnya positif maka yang akan mengumumkan dari Kementrian Kesehatan. Jika hasilnya negatif akan disampaikan juga agar masyarakat Dumai tak resah dengan kasus virus corona ini,” terangnya.

Syaiful menerangkan, kondisi pasien suspect Corona yang dirawat di RSUD Dumai dari hari ke hari terus membaik. Bahkan pasien sudah tidak lagi menggunakan infus, karena kondisinya semakin membaik.

“Kondisinya semakin baik dan jauh dari awal pasien baru di rawat di RSUD Dumai. Semoga dengan semakin membaiknya ‎kondisi pasien, hasil dari observasi bisa Negatif,” harapnya.

Dirinya juga mengaku, pasien juga dah bisa dijenguk oleh pihak keluarga, tetapi keluarga yang menjenguk harus  mengacu pada SOP diruangan isolasi.

“Tetap bisa di jenguk oleh keluarga, tapi dengan APD yang lengkap, karena hingga saat ini pihaknya masih belum menerima hasil observasi,” harapnya.

‎Dirinya juga mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan selalu cuci tangan dalam setiap melakukan aktivitas agar virus tak mudah menempel ke tubuh melalui mulut, hidung dan mata.

Terkait ciri ciri korban suspek virus corona yang dirawat di RSUD Dumai apakah mirip penderita corona, Syaiful menambahkan tak semua yang kena virus corona dalam kondisi sakit atau demam tinggi, tetapi ada juga yang tak demam namun hasil sampel dia menderita virus corona.

“Sebelum hasil sampel keluar, maka pasien suspect virus Corona yang dirawat di RSUD Dumai akan terus menjalani perawatan sesuai dengan SOP,” tambahnya.

Syaiful juga meminta kepada masyarakat untuk tidak berlebihan membeli masker, karena bagi orang yang sehat tidak dianjurkan menggunakan masker.

“Kita meminta masyarakat tidak panik, biasakan saja pola hidup sehat, selalu mencuci tangan dengan sabun, insaallah ‎kita bisa terhidar dari virus Corona ini,” pungkasnya.(ras)