Wako Dumai : Kita Akan Menuju PSBB

DUMAI(DUMAIPOSNEWS.COM ) – Berdasarkan hasil Swab Test atau PCR, dua Pasien dalam pengawasan (PDP) di Kota Dumai dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau covid-19, artinya jumlah positif corona di Dumai menjadi tiga kasus.

Hal itu disampaikan Walikota Dumai Zulkifli AS selaku Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Dumai didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan Dumai Syahrinaldi, Kepala Diskominfo Dumai, Muhammad Fauzan dan juru bicara gugus tugas covid-19 Kota Dumai dr Syaiful di posko gugus tugas Covid-19 KOTA Dumai, Kamis (16/4) sore.

Kongkowkuy

Zul As‎ mengungkapkan, bahwa  Kamis (16/4) sekira pukul 16.00 WIB, tim Gugus Tugas Kota Dumai menerima 4 hasil swab test dengan hasil 2 orang positif dan 2 lainnya negatif.

“Dari empat hasil Swab Test, dua PDP dinyatakan negatif dan dua PDP lainnya positif terpapar virus covid-19. Dengan begitu ada penambahan dua orang yang terinfeksi covid-19 totalnya menjadi tiga orang,” kata Walikota Dumai.

Dijelaskan Zul As, kedua orang tersebut sebelumnya sudah menjadi PDP dan dirawat di RSUD Kota Dumai, saat ini akan dilakukan pe‎nanganan sesuai dengan protokol kesehatan. Sampai hari ini, total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di Rumah Sakit sebanyak 21 orang dan jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 621 orang.

Terakhir Wako mengajak masyarakat ikut serta memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kota Dumai salah satunya dengan cara menjaga jarak aman ketika melakukan komunikasi antar individu atau physical distancing.

“Jika keluar rumah atau berada ditempat keramaian dianjurkan menggunakan masker dan selalu mencuci tangan untuk menjaga kebersihan,” tutupnya.

Disamping itu lanjut Wako menambahkan, dengan hasil ini pemerintah Kota Dumai akan mempersiapkan tahapan pemberlakuan PSBB di Kota Dumai, akan tetapi ini membutuhkan kajian-kajian dalam penetapan PSBB.

“Tentunya ini kita harus mempersiapkan segala sesuatunya seperti melakukan kajian dan sosialisasi kepada masyarakat sebelum mengajukan PSBB. Akan tetapi kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya mengarah kepada PSBB,” sebut Wako.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Dumai dr Syaiful menerangkan, jumlah kasus terkonfirmasi positif virus corona di Dumai menjadi tiga orang. Pasien 01 merupakan warga bogor, pasien 02 dan 03 merupakan warga Dumai yang terpapar virus corona setelah melakukan perjalanan dari Batam.

“Pasien 02 dan 03 merupakan suami istri. Kondisinya kini sudah mulai membaik. Dan untuk pasien 03 merupakan orang tanpa gejala,” tambah Syaipul.

Lebih lanjut dijelaskannya, tim sebelumnya sudah melakukan tracking terhadap orang dekat pasien 01, selanjutnya akan melakukan tracking terhadap keluarga dan orang dekat serta masyakarat yang pernah dekat dengan pasien 02 dan 03, tujuannya untuk mencegah penyebaran virus corona di Kota Dumai.

“Sampai saat ini kita telah melakukan pemeriksaan dengan rapid test sebanyak 618 test. Dari rapid test tersebut positif hasil rapid test sebanyak 15 orang dan semua sudah di isolasi sesuai dengan protap,” terang Syaipul.(ras)