Beri Pemahaman Hukum, Kejari Pelalawan Gelar JMS

PELALAWAN ( DUMAIPOSNEWS.COM ) – Untuk mengenalkan permasalahan hukum sejak dini, Kejaksaan Negeri (Kejari) Pelalawan kembali menggelar kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS), Rabu (26/2) kemarin. Kali ini JMS digelar di sekolah menengah atas (SMA) Negeri 1 Pangkalan Kuras yang dipimpin oleh Kepala Seksi (Kasi), Intel Kejari Pelalawan Sumriadi SH.

Demikian disampaikan Kasi Intel Kejari Pelalawan Sumriadi SH kepada Dumai Pos, Kamis (27/2). Dikatakannya, bahwa dalam jaksa masuk sekolah ini, pihaknya memberikan materi kepada siswa tentang pengenalan Kejaksaan Republik Indonesia, bahaya narkotika serta radikalisme dan terorisme. Kegiatan penyuluhan hukum ditanggapi antusias, hal itu dilihat dari beberapa pertanyaan yang diajukan siswa dan siswi mengenai hukum.

Kongkowkuy

” Ya, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan permasalahan hukum sejak dini kepada para siswa sekolah yang merupakan bibit masa depan bangsa. Dalam penyuluhan ini diikuti sebanyak 60 siswa dari SMA Negeri 1 Pangkalan Kuras. Berdasarkan pasal 30 UU Nomor 16 Tahun 2014 tentang Kejaksaan RI, salah satu tugas Kejaksaan di bidang ketertiban dan ketentraman umum adalah turut menyelenggarakan peningkatan kesadaran hukum masyarakat,”terangnya.

Dilanjutkan mantan Kasi BB Kejari Siak ini, bahwa peningkatan kesadaran hukum masyarakat tersebut dilaksanakan salahsatunya dengan Program JMS saat ini. JMS merupakan salah satu program unggulan Kejaksaan RI dalam rangka menciptakan anak-anak bangsa yang taat hukum, sehingga kelak menjadi generasi penerus bangsa dan memiliki masa depan yang baik.

” Saya berharap dari materi yang telah disampaikan para siswa dan siswi mengerti, memahami serta menyampaikan kepada lingkungan disekitarnya tentang materi yang sudah kita sampaikan,”ujarnya.

Sumriadi menambahkan, bahwa selain penyuluhan tersebut, pihaknya (Kejari, red) juga melakukan pemutaran film animasi singkat tentang Kejaksaan RI, pencegahan radikalisme dan terorisme serta bahaya Penyelahgunaan Narkotika” sehingga dapat menarik minat para siswa dan siswi serta tim JMS Kejaksaan Negeri Pelalawan. Disamping itu juga, mengadakan kuis berhadiah dan pemberian souvenir kepada para siswa-siswi di SMA Negeri 1 Pangkalan Kuras.(naz)

Editor : Bambang Rio