Ditutup Zardewan, Pangkalan Kerinci Juara Umum MTQ Kabupaten Pelalawan

PELALAWAN (DUMAIPOS NEWS.COM ) – Setelah hampir satu pekan pelaksanaan ivent akbar agama islam berlangsung, akhirnya Wakil Bupati Pelalawan Drs H Zardewan MM secara resmi menutup Musabaqah Tilawatil Quran(MTQ) tingkat Kabupaten Pelalawan ke XVIII yang dipusatkan halaman kantor camat Kecamatan Teluk Meranti, Minggu (15/9) malam kemarin. Berdasarkan Keputusan Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke XVIII Tingkat Kabupaten Pelalawan sebagai pemenang acara tersebut, Kecamatan Pangkalan Kerinci juara I MTQ Ke XVIII dengan nilai 75 poin, juara II Kecamatan Bandar Seikijang dengan poin 60 dan Teluk Meranti juara III dengan poin 59.

Saat memberikan sambutan, Wakil Bupati Pelalawan Drs H zardewan MM mengatakan, bahwa sudah hampir sepekan pelaksanaan MTQ ini dilaksanakan, malam hari dilaksanakan seremonial penutupan. MTQ yang dilaksanakan ini merupakan wahana untuk menumbuhkan semangat membaca dan mempelajari Al-Quran. Sehingga Al-Quran benar-benar dijadikan pedoman hidup dalam menghadapi derasnya pengaruh globilisasi, terutama bagi anak-anak dan generasi muda di Indonesia khususnya Kabupaten Pelalawan, dimana mereka merupakan generasi penerus bangsa.

Kongkowkuy

” Ya, saya mengucapkan selamat kepada Kecamatan Pangkalan Kerinci yang juara umum pada MTQ tingkat Kabupaten Pelalawan ke XVIII tahun ini, kemenangan ini merupakan kemenangan yang kedua kali secara berturut-turut. Sebelumnya mereka (Pangkalan Kerinci,red) sudah menang. Pada malam ini saya kembali menekankan kepada semua pihak untuk sama-sama mensukseskan ” gerakan magrib mengaji”. Karena tanpa dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, maka program tersebut mustahil akan terlaksana dengan secara baik. Musabaqah Tilawatil Quran ini juga sebagai evaluasi diri, karena Al-Quran adalah firman Allah SWT sebagai sumber hidayah bagi umat islam dalam menjalni kehidupan sehari-hari,”terangnya.

Drs Zardewan juga mengatakan, bahwa Al-Quran merupakan sebuah peraturan untuk objek yang berhubungan dengan manusia, kebijakan, ajaran ibadah, hukum dan yang lebih penting Al-Quran mengatur hubungan makhluk dengan Allah. Begitu bahagia melihat anak-anak yang masih duduk disekolah dasar sudah mampu menjadi hafiz quran semoga dengan generasi yang hafiz Quran dimasa mendatang Kabupaten Pelalawan akan menjadi kabupaten yang berpegang teguh kepada wasiat Nabi Muhammad SAW.
” Saya berharap MTQ ke XVIII yang telah kita laksanakan ini hendaknya menjadi acuan untuk masa-masa yang akan datang. Bagi kafilah yang berhasil menjadi juara semoga dapat meningkatkan lagi kemampuan dan prestasinya dan jangan menjadi sombong. Selain itu bagi yang belum mendapat juara, agar terus belajar sehingga dapat meningkatkan prestasinya kedepan. Dan saya berharap dari obyektifitas itu akan melahirkan qori-qoriah, hafiz-hafizah dan khattat-khattatah, mufassir-mufassirah, MMQ, regu fahmil Quran dan regu syahril Quran terbaik Kabupaten Pelalawan yang akan mengukir prestasi gemilang di event-event selanjutnya,”ujarnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Bidang Pemerintahan Setdakab Pelalawan Drs Zulhelmi didampingi Kabag Kesra Setdakab Pelalawan Akmamul Hadi SSos menambahkan, bahwa pelaksanaan MTQ ini berlangsung sukses serta ivent keagamaan ini berjalan aman dan kondusif. Dalam pelaksanaan MTQ tahun ini, Kecamatan Pangkalan Kerinci keluar sebagai juara dengan nilai 75 poin. Adapun 7 jenis perlombaan yang di ikut sertakan yakni cabang Tilawah, Khat atau Kaligrafi, Syarhil, Fahmil, MMQ, Hifzh, Tafsir dengan jumlah peserta 448 orang peserta.
” Bagi yang juara akan diikut sertakan dalam training center menghadapi pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau Tahun 2019 di Kabupaten Kampar. Kita berharap dengan pelaksanaan ini, bisa mewujudkan masyarakat yang gemar membaca Al-Quran dan memahami serta mengalami isi kandungan dalam Al-Quran. Untuk itu, dengan keberhasilan Kecamatan Pangkalan Kerinci ini, dapat menjadi motivasi bagi kecamatan – kecamatan lainnya untuk terus meningkatkan kemampuannya,” tutupnya.(Naz)

Editor : Bambang Rio