Dumai Siapkan 12 Titik Lokasi MTQ Riau ke 42

DUMAI (DUMAIPOSNEWS.COM) – Pemerintah Kota Dumai Senin (18/03/2024) mulai membangun astaka di 12 lokasi yang dijadikan tempat pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Riau ke 42 yang dilaksanakan tanggal 21 hingga 27 April 2024.

“Hari ini Pemko Dumai dipimpin bapak Wali Kota membahas persiapan pelaksanaan MTQ bersama panitia dan LPTQ Provinsi Riau. Terutama terkait lokasi dan persiapan lainnya,” kata Ketua Panitia MTQ Provinsi Riau yang juga Sekretaris Daerah Kota Dumai, H. Indra Gunawan, Senin (18/03/2024).

Kongkowkuy

Selain koordinasi penentuan titik, pada pertemuan tersebut juga dibahas soal spesifikasi teknis astaka yang akan dibangun. Mengingat kondisi lantai sudah padat dan di cor.

“Tapi yang lebih utama adalah mempersiapkan personil dengan melibatkan pengurus masjid dan perguruan tinggi sebagai panitia lokal,” terang Indra.

Indra mengungkapkan 12 titik astaka untuk berbagai cabang yang ditetapkan sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Astaka Utama berada di Taman Bukit Gelanggang. Selain tempat pembukaan dan penutupan acara, astaka utama merupakan lokasi musabaqah cabang tilawah semua golongan dan sab’ah mujawwad dewasa.

Kedua, masjid agung Habiburrahman Dumai Islamic Centre Jl. HR. Soebrantas. Lokasi ini untuk cabang tilawah golongan qira’at sab’ah murottal remaja dan dewasa.

Ketiga, masjid Al-Falah Jl. Prof. M. Yamin, Laksamana, Dumai Kota untuk cabang tilawah golongan canet dan tartil.

Keempat, masjid Muslimin Jl. Jendral Sudirman, Teluk Binjai, Dumai Timur untuk cabang hifzil golongan 1 Juz dan 5 Juz.

Kelima, masjid Taqwa Jl. Jendral Sudirman, Dumai Kota untuk cabang hiifzil golongan 10 Juz dan 20 Juz.

Keenam, masjid Baiturrahman
Jl. Marlan Jaya, Bukit Datuk, Dumai Selatan untuk cabang hifzil 30 Juz, dan cabang tafsir semua golongan.

Ketujuh, Masjid Al- Hijriah Jl. Gunung Merapi, Bumi Ayu, Dumai Selatan untuk cabang hadits 100 dan 500.

Selain masjid, Pemko Dumai juga menyiapkan Gedung Universitas Dumai Jl. Soekarno-Hatta, Bukit Batrem, Dumai Timur untuk cabang kaligrafi semua golongan.

Kemudian, gedung Sasana Mitra Jl. Siliwangi Komplek Bukit Datuk, Dumai Selatan untuk cabang Fahmil Al-Qur’an dan Gedung Wan Dahlan Ibrahim Jl. Puteri Tujuh, Teluk Binjai, Dumai Timur untuk Cabang KTIQ.

Selajutnya gedung STIA Lancang Kuning Jl. Gunung Merbabu, Bumi Ayu, Dumai Selatan Cabang Syarhil Al-Qur’an dan gedung Pendopo/Sri Bungan Tanjung Jl. Puteri Tujuh, Teluk Binjai, Dumai Timur untuk cabang Al-Barzanzi. (amb)