Penuhi Pesanan Luar Daerah, Dekranasda Siak Terus Tingkatkan Kualitas Batik Siak

SIAK (DUMAIPOSNEWS.COM) – Ketua Dekranasda Kabupaten Siak, Dra. Hj. Rasyidah Al Fedri menyampaikan bahwa saat ini pihak Dekranasda terutama yang bergerak di bidang membatik pakaian, sedang berupaya untuk memenuhi pesanan pasar baik dalam Kabupaten Siak hingga luar daerah.

Hingga kini Dekranasda telah menerima permintaan pesanan dari dalam dan luar daerah Siak. Diantara yang dari luar adalah Koto Ringin, Bogor dan Pekanbaru.

Kongkowkuy

“Alhamdulillah tentu ini akan bisa menambah pendapatan keluarga besar Dekranasda serta akan bisa menambah pundi-pundi rezki masyarakat yang bekerja di dekranasda,” ujar Rasyidah, Selasa (22/3).

Ditambahkannya agar kualitas dan corak batik yang dihasilkan nanti tidak mengecewakan maka beberapa waktu lalu sudah digelar pelatihannya dengan mendatangkan ahli ebatik dari Kota Solo.

“Bagi yang menyebut bahwa susah mencari batik Siak, mungkin saja demikian, tapi bukan karena tidak ada produknya tapi habis terjual. Soalnya yang tertarik dan mau memakai batik ini sudah banyak dan meluas. Makanya saat itu saat mau membeli barangnya tidak ada lagi. Kami mohon maaf kepada pelanggan yang kebetulan bernasib demikian,” jelas Cik Gu ini lagi.

Masih menurut Rasyidah, juga dalam rangka agar pelanggan tidak kecewa dan juga sebagai upaya untuk meningkatkan kwalitas kain batik Siak maka pelatihan kembali digelar.

“Sebelum ini pelatihan yang sama juga digelar melanjutkan kerja sama dengan pihak BOB di ikuti  oleh para pembatik di Siak. Sementara hari ini kita melaksanakan pelatihan desain dan pewarnaan batik tulis dengan bekerjasama pihak dinas transmigrasi dan tenaga kerja PT. TGI. RO III Pekanbaru,” sebut Rasyidah lagi.

Selain itu tambahnya, dalam rangka mensyiarkan dan memasyarakatkannya ke khalayak ramai, setiap tahun melaksanakan festival batik  dengan melaksanakan berbagai lomba berupa lomba desain batik Siak, Lomba fashion show bisana batik Siak, Melaksanakan kegiatan Dekranasda Berbagi  dengan cara memberikan bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu. Memberikan bantuan kepada sekolah-sekolah agama dan sekolah yg  membutuhkan.

“Bahkan bagi masyarakat yang berminat ikut serta lomba untuk mempromosikan batik danTenun Siak, dekranasda memberikan bantuan berupa batik atau tenun secara gratis dan untuk perlombaan seperti bujang dan dara,” ungkapnya. (Rel)