Dinilai Cukup Berpotensi, Pemkab Bakal Fungsikan Pelabuhan BUMD

BENGKALIS (DUMAIPOSNEWS.COM) – Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso, mengatakan pelabuhan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang berada di samping pelabuhan roro Air Putih, sangat strategis dan memiliki potensi cukup besar. Untuk itu, Pemkab Bengkalis berencana memfungsikan pelabuhan tersebut. kunjungi Kantor Bea dan Cukai Kabupaten Bengkalis, Senin (8/3/2021).

Hal itu disampaikan Bagus saat silaturrahmi ke Kantor Bea dan Cukai Bengkalis, Senin (8/3). Kehadiran orang nomor dua di Kabupaten Bengkalis Negeri Junjungan tersebut disambut Kepala kantor Bea dan Cukai Kabupaten Bengkalis Ony Ipmawan, Kepala Seksi KIP Bengkalis Mulia Pangihutan Sinambela dan Kepala Sub Bagian Umum, Achmad Seifudin.

Kongkowkuy

Dalam pertemuan penuh kekeluargaan tersebut, membahas beberapa usulan terkait potensi besar yang akan digali di Kabupaten Bengkalis diantaranya pelabuhan bongkar muat barang sekaligus gudang milik BUMD di Desa Air Putih.

“Kita ingin jadikan pelabuhan BUMD di Desa Air Putih yang selama ini difungsikan sebagai tempat bersandar kapal roro menjadi kawasan strategis perekonomian, kita lihat konstruksi bangunannya sangat kuat dan kokoh”, ungkap Bagus Santoso.

Terlebih katanya, keberadaan pelabuhan sudah ditunjang dengan keberadaan gudang yang tidak jauh dari pelabuhan. Artinya kata mantan wartawan Dumai Pos ini, barang yang masuk bisa bongkar muat di gudang yang ada, kemudian dilangsir dengan angkutan yang disesuaikan dengan tonase kekuatan jalan di pulau Bengkalis.

Kemudian Bagus mengatakan potensi ekspor di Kabupaten Bengkalis juga cukup besar, diantaranya ekspor pinang, kelapa, udang vanname, jika tidak difasilitasi untuk ekspor maka usaha tersebut tidak akan maju dan berkembang.

“Masih banyak potensi yang akan kita kembangkan antara lain, termasuk rencana kita menanam ubi talas (keladi) di Desa Sungai Linau dan beberapa desa lain di Bengkalis,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala kantor Bea dan Cukai Kabupaten Bengkalis Ony Ipmawan mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan komitmen pemerintah daerah untuk mengembangkan sejumlah potensi yang ada di Kabupaten Bengkalis. Tentu katanya untuk mewujudkan potensi tersebut diperlukan sinergitas dan kolaborasi dari semua pihak.

Hadir mendampingi wakil Bupati Bengkalis Kasubbag Dokumentasi Pimpinan Yeni Mayasari. (auf)