Kebakaran Lahan di Rupat Masih Terus Berlangsung

RUPAT(DUMAIPOSNEWS)-Ratusan anggota Satuan tugas(Satgas) penaggulangan kebakaran hutan dan lahan(karhutla) yang terdiri dari personil TNI Koramil 05 Rupat/Kodim 0303 Bengkalis, dari Kepolisian Polsek Rupat dan Polsek Rupat Utara dan juga anggota Kepolsian BKO Polres Bengkalis,Pol PP, Damkar dan Masyarakat Peduli Api(MPA),berbaur dmelakukan pemadaman api yang telah melahap  ratusan hektar lahan gambut di Kecamatan Rupat,Kabupaten Bengkalis.

Tak ketinggalan,Komandan Kodim 0303/Bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetya Hermianto, yang juga Komandan Satgas Karhutla Bengkalis bersama Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto tampak turun langsung ke lokasi melakukan pemadaman.

Kongkowkuy

“Sangat sulit memadamkan api yang ada di dalam gambut,” ujar Kapolres Bengkalis Yusup Rahmanto kepada Dumai Pos, yang menemuinya di salah satu lokasi kebakaran hutan dan lahan di Dusun Kampung Baru,Kelurahan Terkul, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengka
lis Jumat (22/2).

Dia menjelaskan,upaya pemadaman dilakukan semaksimal mungkin. Karena untuk mematikan api di areal lahan yang terdiri dari lahan gambut dibutuhkan tenaga yang ekstra. Hal tersebut menurut Kapolres terbukti, meskipun sebagian besar kawasan keberadaan 
api sudah dapat dijinakan oleh tim pemadam, tapi tetap masih ada asap,meskipun titik api tersebut sudah tergenang air .

Lebih lanjut Kapolres Bengkalis Yusup Rahmanto mengatakan,di sekitar lokasi kebakaran masih terdapat semak belukar.Sehingga, jika terkena asap ilalang mengering dan sangat rentan terbakar. Kemudian ditambah dengan tiupan angin kencang dan cuaca sangat panas.
“Kondisi saat ini juga rawan api berterbangan dari lokasi yang sudah terbakar ke lahan yang belum terbakar,” sambung Yusup .

Rahmanto, sembari dia menambahkan, Kendati demikian, apapun tantangan yang dihadapi, pemadaman akan terus dilakukan.

“Kami dari kepolisian, TNI, Manggala Agni, BPBD dan dibantu perusahaan serta masyarakat tetap berupaya agar kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kecamatan Rupat ini bisa dipadamkan,”ujar Kapolres Bengkalis, didampingi Kapolsek Rupat, AKP Masrial S Sos,
Yusuf Rahmanto saat dikonfirmasi kemarin.

Mereka mengapresiasi peran masyarakat Rupat yang dinilainya cukup pro-aktif membantu petugasdalam memdamkan kebakaran tersebut “Masyarakat di sini sangat luar biasa antusiasnya membantu pemadaman,” sebut Yusup.

Sementara untuk luas lahan yang terbakar di Dusun Kampung Baru,Kelurahan Terkul,tambah Kapolres lagi, mencapai seratus hektar.”Yang terbakar lumayan cukup luas. Tadi dari Pak Dandim Bengkalis sampaikan lebih kurang seratus hektar.Tapi luasannya berapa kami juga tidak tahu pasti.Kami di sini semuanya fokus melakukan pemadaman,”ujar Yusuf.

Editor : BAMBANG RIO
Reporter : KAHARUDIN