Petugas Damkar Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan, Fakhrul Mukhlis: Bisa Jadi Contoh Dinas Lain

DUMAIPOSNEWS.COM, DURI – Sebanyak 170 petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bengkalis kini telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sertifikat kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan diserahkan langsung kepada kepala dinas, Djamaludin, A.P, M.Si di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bengkalis Selasa (6/11) lalu.

“Diharapkan perlindungan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan ini dapat memberikan rasa tenang kepada para petugas Damkar dalam menjalani tugasnya yang beresiko tinggi,” ujar Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Duri, Fakhrul Mukhlis kepada Dumai Pos, Kamis (8/11) kemarin.

Kongkowkuy

Dijelaskan Fakhrul, seluruh petugas pemadam kebakaran tersebut didaftarkan dan mengikuti 2 program BPJS Ketenagakerjaan yaitu Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm). “Hal ini dapat menjadi contoh bagi dinas-dinas lainnya agar melindungi para pekerja kontrak atau honorernya dengan program-program BPJS Ketenegakerjaan,” papar Fakhrul.

Masih kata Fakhrul, pihak dinas Damkar Kabupaten Bengkalis melalui kadis Djamaludin saat penyerahan sertifikat kepesertaan itu juga  menyampaikan bahwa hal ini merupakan pertama kalinya para petugas tercover jaminan sosial atau asuransi kecelakaan kerja.

Pihaknya, lanjut Fakhrul pada kesempatan itu memberikan sosialisasi program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh petugas pemadam kebakaran agar paham tentang perlindungan yang mereka peroleh dari BPJS Ketenagakerjaan. “ Sampai saat ini BPJS Ketenagakerjaan Duri melindungi 38.669 orang tenaga kerja aktif yang berasal dari 1.207 Badan/Pemberi Kerja,’’ tutupnya.(usa)