THE FINAL COUNTDOWN

Dumaiposnews.com – FINAL Liga Champions 2017/2018 akan mempertemukan dua tim raksasa Eropa, Real Madrid kontra Liverpool di NSC Olympic Stadium, Kiev, Ukraina malam ini, Sabtu (26/5) waktu setempat atau Minggu (27/5) dini hari WIB.

Los Blancos (julukan Madrid) atau Si Putih akan mempertaruhkan status raja Eropa (12 kali juara Liga Champions) kala meladeni tantangan The Reds (Si Merah).

Kongkowkuy

Madrid mungkin tak butuh lagi pembuktian sebagai raja Eropa. Sebab saat ini, tim besutan Zinedine Zidane itu adalah pengoleksi  terbanyak trofi Si Kuping Besar.

Tapi ada satu misi maha penting Real Madrid pada laga ini, menja­di juara untuk kali ketiga secara beruntun. Itu akan jadi capaian pertama dalam sejarah yang ditorehkan sebuah klub sepanjang era Champions League.

Namun lawannya, Liverpool merupakan tim Inggris paling sukses di kompetisi ini. Lima trofi Champions League sudah bersemayam di lemari piala The Anfield Gank.

Kemenangan atas Real Madrid tidak hanya akan menambah koleksi gelar mereka, tapi Liverpool akan menyandang label penakluk sang  raja.

Real Madrid datang ke Final Liga Champions setelah musim mengece­wakan di La Liga. Los Blancos hanya mampu finis ketiga di klase­men akhir Liga Spanyol dengan terpaut tujuh belas poin di bela­kang Barcelona yang jadi kampiun.

Perhatian di laga final Liga Champions akan tertuju pada bomber andalan kedua tim. Cristiano Ronaldo di kubu El Real, dan Mohamed Salah jagoan The Reds.

Ronaldo kembali jadi predator terganas di UCL musim ini dengan menorehkan 15 gol sebelum laga final ini. Sementara Salah jado sorotan duni berkat penampilan sensasional di musim debutnya bersama Liverpool.

Gol top skorer dan pemain terbaik Liga Inggris jadi milik pemain  Timnas Mesir itu. Ia juga sudah menorehkan 11 gol di UCL sejauh ini, dan menjadi kunci sukses Liverpool menembus partai puncak.

Pertemuan di NSC Olympic Stadium nanti malam merupakan bentrokan antara dua tim yang sangat identik dengan sepakbola ofensif. 

Liverpool racikan Jurgen Klopp merupakan top scorer turnamen dengan torehan 40 golnya, sedangkan Madrid besutan Zinedine Zidane telah mengukir 30 gol dari fase grup hingga semifinal.

Di kubu Madrid, tumpuan utama serangan mereka tentu saja Cristia­no Ronaldo. Raja gol Liga Champions itu memimpin daftar top scorer sementara kompetisi musim ini dengan lesakan 15 golnya.

Menguntit di belakangnya adalah tiga tombak Si Merah, yakni Mohamed Salah (10 gol), Roberto Firmino (10 gol) dan Sadio Mane  (9 gol).

Madrid dan Liverpool sama-sama tim yang ofensif, tapi mereka juga sama-sama memiliki pertahanan yang cukup rawan kebobolan.

Madrid sudah kebobolan 15 gol, sedangkan Liverpool 13. Rata-ratanya satu koma sekian per laga.

Bicara pengalaman, Madrid jelas lebih unggul.

 Final musim ini adalah final keempat Madrid dalam lima musim terakhir dan juara pada edisi 2013/14, 2015/16 dan 2016/17. Liverpool terakhir kali tampil di final Liga Champions adalah pada musim 2006/07 silam, di mana mereka kalah 1-2 melawan AC Milan.

Dari sisi pelatih, bisa dibilang seimbang. Zidane belum pernah bertemu Klopp maupun Liverpool sebelumnya, tapi dia sudah berpen­galaman membawa Madrid meraih dua gelar di kompetisi elit ini.

Sementara itu, Klopp belum pernah menjuarai Liga Champions, tapi berpengalaman mengalahkan Madrid ketika masih melatih Borussia Dortmund. Itu termasuk menyingkirkan Madrid di semifinal 2012/13, sebelum dikalahkan Bayern Munchen di final.

Di sisi penjaga gawang, Keylor Navas dan Loris Karius bisa dika­takan selevel. Namun untuk lini tengah, Madrid punya keunggulan. 

Di atas kertas, Toni Kroos, Casemiro dan Luka Modric berada setingkat di atas trio gelandang Liverpool yang kemungkinan diisi James Milner, Jordan Henderson dan Georgino Wijnaldum.

Madrid unggul di lini tengah dan pengalaman. Liverpool lebih baik dalam performa keseluruhan mereka di Liga Champions musim ini. 

Perempat final dan semifinal Liverpool lebih impresif dibanding­kan Madrid Sulit memprediksi laga ini. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Siapa yang paling mampu mengeks­ ploitasi kelemahan lawannya, itulah yang bakal keluar sebagai pemenang dan berhak meraih trofi. (pjk1/jpnn/rio)

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN

Madrid (4-3-1-2): Navas; Marcelo, Ramos, Varane, Carvajal; Kroos, Casemiro, Modric; Isco; Ronaldo, Benzema.

Liverpool (4-3-3): Karius; Robertson, Van Dijk, Lovren, Alexan­der-Arnold; Milner, Henderson, Wijnaldum; Mane, Firmino, Salah.