Sumbar Diterjang Banjir dan Longsor, 6 Orang Meninggal Dunia 4 Lainnya Hilang

DUMAIPOSNEWS.COM, PADANG – BANJIR  dan longsor yang melanda sejumlah daerah di Sumatera Barat (Sumbar) selain merusakkan sejumlah infrastruktur, juga menimbulkan korban jiwa. Sedikitnya, 6 orang korban dilaporkan meninggal dunia akibat bencana.

Tiga warga dilaporkan meninggal tertimbun longsor di kawasan Nagari Tanjuang Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Kamis (11/10) malam. Dua orang korban terdata seba­gai warga Nagari dan seorang korban jiwa lainnya berasal dari Nagari Lubuk Jantan di kecamatan yang sama.

Kongkowkuy

Disamping itu, empat orang warga setempat juga dilaporkan hilang akibat banjir bandang yang menghantam Kabupaten Tanah Datar.

Hingga kini, empat orang tersebut masih dalam pencarian tim BPBD gabungan. Bencana Banjir dan Tanah Longsor Mayoritas pemicu banjir di sejumlah daerah Sumbar akibat tingginya curah hujan.

Selain itu, bencana longsor yang terjadi pada Rabu (10/10) dini hari di Nagari Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupa­ten Padang Pariaman juga merenggut korban jiwa. Tiga orang kakak beradik dilaporkan meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sumbar Erman Rahman mengatakan, dari enam kabupaten terdampak banjir, tidak semuanya mengungsi.

Sebagian warga juga sudah kembali ke rumah usai banjir surut. Seperti di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kendati demikian, BPBD gabungan sudah mendirikan beberapa tenda pengungsian untuk warga. “Kita belum bisa mendata pasti. Besok (Jumat) baru kita kirimkan bantuan logistik,” kata Erman Rahman, Kamis (11/10) malam.

Herman menyebut, mayoritas pemicu banjir di sejumlah daerah Sumbar akibat tingginya curah hujan. “Kalau di pesisir, hujan berbarengan dengan naiknya pasang,” katanya.

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur Sumbar sejak sepekan terakhir mengakibatkan enam kabupaten dihantam banjir dan longsor sepanjang Kamis (11/10) hingga Jumat (12/10) dini hari.

Masing-masing daerah yang diterpa banjir dan longsor antara lain, Kabupaten Pasaman Barat, Pasaman, Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Lima Puluh Kota, dan Kabupaten Tanah Datar.(ce1/rcc/JPC/ery)