Unggul di Enam Golongan, Dumai Berpeluang Masuk 5 Besar MTQ Riau ke 42

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – Tak terasa Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Provinsi Riau ke 42 yang dibuka Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto pada Ahad (21/04/2024) akan berakhir Sabtu (27/04/2024). Tuan rumah Kota Dumai, berpeluang masuk 5 besar dari 12 kafilah MTQ Provinsi Riau ke 42.

“Sampai hari ini Dumai berhasil masuk babak final di 12 golongan dari 10 cabang yang diperlombakan. Dari hasil babak final, kami optimis Dumai kembali masuk ke posisi lima besar,” kata Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Dumai, Hendra Usman, Jumat (26/04/2024).

Kongkowkuy

Ke 12 golongan itu yakni Tartil Quran Putra, Tilawah Anak-anak Putri, Tilawah Remaja Putra dan Tilawah Remaja Putri. Kemudian Hifzil Qur’an 1 juz dan tilawah putra, Hifzil Qur’an 10 Juz Putri dan Hifzil 10 Juz Putra.

Selanjutnya golongan Hifzil Quran Tunanetra Putri, Hafalan Hadits 500 dengan Sanad Putri, Albarzanji putra dan putri dan Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an putri.

Dipastikan pada Jumat (26/04/2024) pertandingan seluruh cabang tuntas dilaksanakan. “Khususnya cabang dan golongan yang baru menyelesaikan babak final. Diantaranya cabang Kaligrafi, cabang KTIQ, Cabang Tafsir Qur’an dan Qira’at Mujawwad Dewasa,” terang Hendra.

Pada Jumat (26/04/2024) ini juga, dewan hakim menggelar rapat pleno untuk menentukan pemenang masing-masing cabang dan golongan.

Dari seluruh cabang dan golongan, terang Hendra, Dumai berpeluang meraih yang terbaik pada 6 golongan. Salah satunya pada cabang Hifzil Quran golongan 1 Juz dan tilawah. “Kita yakin karena tahun lalu juara dan mewakili Riau di tingkat nasional,” terang Hendra.

Kemudian Cabang Barzanji Golongan Putra, Hifzil Quran golongan 10 Juz Putra, Hifzil Quran Golongan 10 Juz Putri, Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an Kategori Putra dan Kaligrafi golongan Khat Dekorasi Putra.

Berdasarkan pemantauan pelatih, Dumai berpeluang meraih peringkat kedua pada Cabang Barzanji Golongan Putri, Cabang Tartil Quran Golongan Putri dan Hifzil Qur’an golongan Canet.

Peluang meraih juara ketiga ada pada cabang Tartil Quran Golongan Putra, Tilawah Golongan Anak-anak Putri dan cabang Hifzil Quran Golongan 1 Juz Tilawah Putra.

“Untuk kepastiannya kita tunggu pengumuman dewan hakim. Kita baru memperkirakan. Mudah-mudahan sesuai hasil perkiraan kita,” tutup Hendra. (amb)