Sungai Dumai Bakal Dibangun Seperti Sungai di Surabaya, Wako Paisal Minta Petunjuk dan Ijin KLHK

Wali Kota Dumai H Paisal dan Sekjend KLHK Bambang Hendroyono melakukan penanaman Mangrove di Bantaran Sungai Dumai, Kamis (25/04/2024). F : KAMBALI (dumaiposnews.com)

 

Kongkowkuy

 

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)) – Pemerintah Kota Dumai akan membangun dam dan pintu air di Sungai Dumai seperti sungai di Surabaya. Karenanya Wali Kota Dumai H. Paisal minta petunjuk dan ijin dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Paisal mengemukakan rencana itu di hadapan Sekretaris Jendral KLHK Bambang Hendroyono pada penanaman 25 ribu Mangrove serentak di Bantaran Sungai Dumai di Jalan Prof. M. Yamin gang Firdaus Kelurahan Laksamana, Kecamatan Dumai Kota, Kamis (25/04/2024).

Permohonan itu kembali ia ulangi secara langsung pada sesi dialog dengan Mentri LHK Siti Nurbaya melalui video conference.

Pada kesempatan tesebut, Paisal mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang komitmen dan konsisten melakukan penanaman mangrove, baik di Kota Dumai maupun daerah lainnya di Indonesia.

Karena topografi kawasan pesisir Kota Dumai yang seperti kuali, sangat rawan banjir ketika pasang air laut dan hujan, Paisal berharap dukungan KLHK untuk membantu Kota Dumai menuntaskan masalah banjir tersebut.

Disisi lain, pesatnya pembangunan Kota Dumai saat ini menyebabkan turunnya permukaan tanah dan berkurangnya kawasan tangkapan air.

“Memang penanaman mangrove ini merupakan salah satu solusi terbaik. Namun itu belum cukup. Kami berencana membangun dam untuk menghambat limpasan air dari sungai Dumai maupun dari laut,” katanya.

Dalam waktu dekat, Kata Paisal, Pemerintah Kota Dumai membuat Detil Engineering Design (DED) atau dokumen teknis rencana pembangunan pintu air dan dam di sekitar Kuala Sungai Dumai.

“Karena menyangkut aspek lingkungan, kami butuh pentujuk dan ijin KLHK sehingga kelak tidak menyalahi aturan yang berlaku dan tetap menjaga kelestarian lingkungan,” katanya.

Dalam pembangunan pintu air itu nantinya juga memperhatikan fungsi sungai Dumai sebagai jalur transportasi dan lalu lalang kapal pengangkut orang dan barang.

Mentri LHK Siti Nurbaya pada video conference tersebut menyambut baik rencana Psmerintah Kota Dumai. Ia bahkan memberikan lampu hijau untuk duduk satu meja membicarakan rencana tersebut. (amb).