Kecamatan Sungai Sembilan Penyumbang Karhutla Terbesar Capai 64 Hektar

DUMAI(DUMAIPOSNEWS) — Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kota Dumai semakin meluas, bahkan berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Dumai, hingga Kamis (4/3) sudah sekitar 85, 1 hektare lahan yang terbakar di Dumai.

Kepala Pelaksana BPBD Dumai, H Afrilagan mengungkapkan, bahwa Kondisi Karhutla di Dumai masih terjadi, bahkan semakin melebar Luasan lahan yang terbakar akibat peristiwa Karhutla.

Kongkowkuy

Dia menambahkan, secara Akumulasi hingga Kamis (4/3), ‎luas lahan yang terbakar akibat karhutla berjumlah sekitar 85,1 hektare dan kecamatan Sungai sembilan menjadi yang terluas lahannya yang terbakar.

Afrilagan menjelaskan, dari total ‎ total 85,1 hektar lahan yang terbakar, Kecamatan Sungai Sembilan, menyumbang sekitar 64,09 hektar, dan itu berada di Kelurahaan Lubuk Gaung seluas 62,05 hektare dan Batu Tritip 2,04 Hektare.

“Kita prediksi lahan yang terbakar di kecamatan Sungai Sembilan akan meluas mengingat masih ada titik api yang ditemukan hari ini (Kamis ) di Kelurahaan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan,” katanya.

Selain kecamatan sungai sembilan Karhutla juga menghanguskan ‎lahan di Kecamatan Medang Kampai sekitar 10,26 hektar dan Kecamatan Bukit Kapur 3,5 hektar, Kecamatan Dumai Selatan 0,25 hektar, Dumai Barat 2 Hektar, dan Dumai Timur 5 Hektare, ” terangnya.

Katanya lagi, saat ini tim Satgas Karhutla Kota Dumai, masih tetap fokus dalam upaya pemadaman dan pendinginan di kelurahaan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan.

Kendala dilapangan yang ditemui, selain kondisi cuaca panas, dan lahan gambut serta angin kencang, menyulitkan tim untuk melakukan pemadaman dan pendinginan.

Kondisi lahan gambut membuat lahan mudah terbakar, karena sore api sudah berhasil dipadam, namun saat malam api kembali menjalar sehingga saat pagi luas lahan terbakar semakin luas, ditambah angin kencang.

“Kita meminta doa nya lah kepada masyarakat untuk bersama-sama membantu upaya pemadaman dan pendinginan di lokasi karhutla, ‎semoga hujan bisa segera turun,” harapnya.

Selain itu, tambahnya, kepada Camat dan Lurah se-Kota Dumai beserta seluruh jajarannya agar proaktif menjaga lingkungan dan melaporkan sekiranya ada hotspot/titik api kepada Posko Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan BPBD Kota Dumai agar dilakukan tindakan cepat pencegahan dan pemadaman. (wan)