Status Siaga Darurat, Kota Dumai Bersatu Melawan Corona

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)– Pemerintah Kota (Pemko) Dumai, menetapkan status siaga darurat non bencana alam dalam rangka pencegahan dan pengendalian virus corona atau Covid-19, diwilayah kota Dumai.

Penetapan status ‎Siaga Darurat non bencana Alam oleh Pemko Dumai ini, setelah pemko Dumai menggelar rapat koordinasi bersama Forkopimda Kota Dumai, serta kepala OPD di lingkungan kota Dumai, pada Kamis (19/3), di media center.

Kongkowkuy

Pada rapat tersebut terlihat hadir, Kapolres Kota Dumai, AKBP Andri Ananta Yudishitra, Kepala Bea Cukai, Kepala KKP Dumai, Perwakilan Kodim Dumai, Dinas Kesehatan dan tamu undangan lainnya.

Setelah menggelar rapat koordinasi bersama Forkopimda dan Kepala OPD se kota Dumai‎, Walikota Dumai Zulkifli As, mengungkapkan, terkait permasalahan penyebaraan Covid-19 yang ada di Provinsi Riau dan terkhusus di Kota Dumai, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi.

Ia menambahkan, dari hasil rapat tersebut, Pemko Dumai telah menetapkan status siaga darurat non bencana alam, dalam rangka pencegahan dan pengendalian virus corona atau Covid-19‎.

“Setelah melakukan rapat ini dan melihat bahwa di Provinsi Riau telah ada satu pasien yang dinyatakan positif Covid-19, dan Dumai sebagai pintu gerbang ke negara tetangga, berdasarkan hal tersebutlah kita menetapkan status siaga darurat non bencana alam, dalam rangka pencegahan virus corona atau Covid-19‎,” terangnya.

Zulkifli As menjelaskan, ‎penetapan status siaga darurat non bencana alam, dalam rangka pencegahan virus corona atau Covid-19‎ ini berlaku hingga satu bulan ke depan yakni mulai dari 19 Meret 2020 sampai 19 April 2020.

Lebih lanjut diterangkanya, selain telah menetapkan status siaga darurat non bencana alam, dalam rangka pencegahan virus corona atau Covid-19‎, Pemko Dumai juga telah membentuk tim cepat pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kota Dumai.

Zulkifli As mengaku, setelah status siaga darurat non bencana alam ditetapkan, diharapkan bisa didukung oleh masyarakat kota Dumai, dengan menjalankan seluruh himbauan-himbauan Pemko Dumai.

“Jangan sampai setelah pemerintah meliburkan peserta didik, malah dimanfaatkan untuk liburan ataupun pergi ke tempat-tempat keramaian, jadi kami berharap ini bisa diperhatikan oleh masyarakat sekitar,” sebutnya.

Terkait anggaran setelah Pemko Dumai menetapkan status siaga darurat non bencana alam, dalam rangka pencegahan virus corona atau Covid-19‎, pihaknya akan segera melakukan rapat lanjutan.

“Kepada masyarakat saya himbau agar jangan cemas, tetap waspada, selalu menetapkan pola hidup sehat dan bersih, dan hindari keramaian, ” pungkasnya.(ras)

Editor : Bambang Rio