Minta Aparat Penegak Hukum Hentikan Aktivitas Ilegal Loging di Senepis

DUMAIPOSNEWS.COM, SUNGAISEMBILAN – Masih maraknya dugaan aktivitas ilegal loging yang berlangsung di wilayah Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai membuat masyarakat beraksi keras, agar aparat penegak hukum harus menindak dan menghentikan pembabatan hutan tersebut. Sebab kalau tidak dicegah dikuatirkan, bisa terjadi bencana besar seperti banjir.

“Kami minta Kepolisian bisa mencegah dan menindak aktivitas pembalakan liar yang terjadi di hutan Senepis ini, sebab kita kuatirkan kalau tetap dibiarkan maka hutan-hutan akan  gundul,” kata seorang warga Kecamatan Sungai Sembilan, M Soleh kepada Dumai Pos.

Kongkowkuy

Menurut warga, aktivitas pembalakan liar masih terlihat disekitar hutan Senepis, Kelurahan Batu Teritib, Sungai Sembilan. Terlihat, kayu-kayu yang sudah di olah menjadi papan berjenis  kayu kempas untuk galangan kapal, tersusun rapi di pinggiran jalan.

Sedikitnya, puluhan kubik kayu olahan yang sudah jadi papan dan bloti bertumpuk di pinggiran Jalan PU. Bahkan, warga sekitar menyebutkan, untuk mengeluarkan kayu-kayu olahan tersebut dari hutan para pelakunya menggunakan kanal ke arah laut. Warga juga menyebutkan, disekitar aktivitas ilegal loging itu juga diduga terdapat barak pekerja yang berjumlah sekitar enam orang.

“Kalau ini dibiarkan saja pembalakan liar ini, maka dikuatirkan dampak buruknya bakal dirasakan masyarakat juga. seperti terjadinya banjir serta bencana lainya,” ujar warga bernama M Soleh.

Untuk itu, warga Sungai Sembilan berharap kepada pihak Kepolisian agar tidak tutup mata, dengan permasalahan yang terjadi wilayah Sungai Sembilan ini.  Sebelumnya, Kapolres Dumai AKBP Restika Nainggolan yang dikonfirmasi Dumai Pos mengatakan, adanya dugaan aktivtas ilegal loging yang masih marak di Kecamatan Sungai Sembilan, pihaknya telah melakukan penyelidikan dengan menurunkan tim berkaitan adanya informasi tersebut.(rio)