Pelalawan Raih Penghargaan Pembangunan Kesehatan dan Kesejahteraan Terbaik Nasional

DUMAIPOSNEWS.COM, PELALAWAN – Masyarakat yang sehat merupakan impian yang diinginkan Bupati Pelalawan HM Harris, maka dari itu Bupati mencetuskan tujuh program strategis salah satunya Pelalawan sehat. Impian yang diingin sedikit demi sedikit berhasil, keberhasilan tersebut mendapat ganjaran atau torehan prestasi membanggakan. Dimana Pemerintah Pisat melalui Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI, menganugerahkan penghargaan kepada kabupaten Pelalawan sebagai daerah dengan pembangunan kesehatan dan kesejahteraan terbaik tingkat nasional.

“Ya alhamdulillah Kabupaten Pelalawan kembali mendapatkan penghargaan sebagai daerah dengan pembangunan kesehatan dan kesejahteraan terbaik se-Indonesia. Penghargaan ini sebagai penilaian untuk kategori pembangunan bidang kesehatan kelompok I dalam indeks kelola ( kinerja dan efektifitas pengelolaan APBD). Sedangkan penghargaan ini diserahkan oleh Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI Drs Syarifuddin MM kepada Bupati Pelalawan yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan dr Endid R Pratiknyo di XXI Ballroom Djakarta Theatre , Rabu (29/11) malam lalu,” terang Bupati Pelalawan HM Harris kepada Dumai Pos, Jumat (29/11) kemarin.

Kongkowkuy

HM Harris juga mengatakan, bahwa metode penilaian berdasarkan keberhasilan suatu daerah dalam mengelola APBD sehingga berdampak langsung kepada masyarakat.
“Untuk itu, kita berharap penghargaan yang di peroleh Kabupaten Pelalawan ini, bisa memberikan motivasi bagi insan kesehatan untuk lebih meningkatkan kinerja dan berinovasi di bidang kesehatan. Dan tentunya hal ini erat hubungannya dengan keberhasilan program Pelalawan sehat yang kita selalu sampaikan dimana kita mengejar ketertinggalan dan bersaing secara nasional. Dimana pada tahun 2006 lalu, kabupaten Pelalawan telah dinyatakan sebagai salah satu daerah tertinggal di Indonesia khususnya dari pembangunan kesehatan. Namun, dengan adanya program Pelalawan sehat ini, maka pembangunan kesehatan di Negeri Seiya Sekata ini menjadi semakin meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan dr Endid R Pratiknyo menambahkan, bahwa kabupaten Pelalawan dibawah kepemimpinan HM Harris, kembali menerima penghargaan sebagai daerah dengan pembangunan bidang kesehatan dan ketepatan alokasi bidang kesejahteraan terbaik se Indonesia. Dan untuk kategori ini hanya Pelalawan yang mewakili Provinsi Riau.

“Jadi, ada empat kategori penghargaan yang di berikan dalam kegiatan ini yakni kesehatan, kesejahteraan, pendidikan dan pertumbuhan ekonomi. Sedangkan kita dari Kabupaten Pelalawan mendapatkan dua kategori yaitu kesehatan dan kesejahteraan. Untuk itu, dengan adanya penghargaan ini, tentunya akan semakin memotivasi kita di Dinas kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis yang maksimal sesuai dengan program Pelalawan sehat yang diusung Pemkab Pelalawan,” tutupnya. (naz)