Camat Galakkan Kamis Bersih; Duri Butuh 15 Sampai 20 TPS Sementara

DUMAIPOSNEWS.COM, DURI – Untuk membantu mengatasi aksi pembuangan sampah secara sembarangan oleh oknum warga, Kota Duri butuh setidaknya 15 sampai 20 TPS (Tempat Pembuangan Sampah) sementara yang disebar di beberapa titik bermasalah. Keberadaan tambahan TPS sementara ini diyakini dapat mengurai persoalan sampah yang mendera kota petropolis selama ini.

“ Kita sudah upayakan ke Dinas Lingkungan Hidup terkait penambahan TPS sementara ini, mudah-mudahan dapat terealisasi. Guna meminimalisir pembuangan sampah sembarangan, memang kita harus menyediakan TPS sementara di sejumlah titik yang selama ini menjadi lokasi pembuangan sampah. Yang terpantau sejauh ini ada belasan tempat digunakan sebagai tempat pembuangan. Ini belum termasuk yang membuang di pinggir dan median jalan seperti Sudirman,’’ ujar Camat Mandau Riki Rihardi S.STP M.Si kepada Dumai Pos, Kamis (21/11).

Kongkowkuy

Selain berusaha menambah TPS sementara, camat juga menghimbau kepada warga untuk membiasakan hidup sehat dengan cara membersihkan lingkungan sekitar dari sampah yang berserakan. “ Harapan kita ketua RW dan ketua RT setempat harus berperan untuk mengajak warganya secara rutin melaksanakan gotong royong, membersihkan parit, tempat-tempat kotor,’’ ungkapnya.

Agar gerakan bersih lingkungan ini dilaksanakan secara serentak, camat menetapkan Kamis Bersih sebagai langkah awal bagi warga bersama-sama membersihkan lingkungan. “ Setiap kelurahan sudah kita sampaikan kegiatan Kamis Bersih ini saat turun kemarin mensosialisasikan program Si Mantap, belum lama ini. Nanti akan kita evaluasi. Bagi yang tidak menjalankan tentu ada sangsi, bukan hukuman namun lebih kepada untuk kebaikan, menyadarkan kepada kita semua betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,’’ papar Riki.

Yang dikuatirkan dari pembiaran lingkungan bersampah, ditegaskan Riki adalah munculnya masalah kesehatan yang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan warga setempat, terlebih anak-anak. “ Sampah yang tidak dibuang pada tempatnya, dibiarkan bau lama kelamaan akan mendatangkan penyakit. Kalau sudah sakit yang rugi kan warga juga. Maka dari itu Duri ini harus kita targetkan bebas dari sampah. Tak ada lagi yang buang-buang sembarangan. Marilah kita jaga daerah kita tetap bersih dan nyaman,’’ tukasnya.(usa)