Lanal Gagalkan 456 Kardus Miras Ilegal

Dumaiposnews.com, DUMAI – Pimpinan TNI AL Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto, S.E., M.Si., memberikan Reward (penghargaan) kepada Prajurit Lanal Dumai yang telah berprestasi dalam bersinergitas dengan Kodim 0302/Inhu dalam menggagalkan penyeludupan 456 kardus minuman keras illegal.

Anggota Pos Angkatan Laut (Posal) Tanjung Datuk Lanal Dumai bersama anggota Kodim 0302/Inhu telah mengamankan muatan 456 kardus berisi minuman Keras illegal, Sabtu (28/7) pekan lalu yang diangkut dengan mengunakan Truk dengan BD 8713 AO.

Kongkowkuy

Komandan Lanal Dumai Kolonel laut (E) Yose Aldino mengatakan penangkapan itu dilakukan bersama Kodim 0302/Inhu untuk membantu tim darat melaksanakan penyisiran ke arah Kuala Enok Dalam.

Penangkapan mobil truk yang membawa muatan ratusan kardus berisi minuman keras illegal berawal dari informasi yang diterima Unit Intel Lanal Dumai dari masyarakat pada tanggal 27 Juli 2018 pukul 15.56 WIB, bahwa akan ada Speed Boat masuk ke Kuala Enok dengan muatan Miras,”ujarnya, Kamis (2/8) kemarin.

Setelah akurat tim melakukan pengejaran dan penyekatan Speed Boat tersebut dengan membagi personel dalam 2 tim yaitu tim Patroli laut dan tim darat.

Tim patroli laut menggunakan speed mesin 40pk mendeteksi speed 5 mesin 200pk dan melakukan pengejaran, akan tetapi sasaran menambah kecepatan speed dan tidak terkejar oleh patroli laut sehingga dapat meloloskan diri.

Sementara itu, tim gabungan posal Tembilahan dan kodim 0302/inhu standby melaksanakan pemantauan di Pos PLN Kilo 7 Enok Dalam, dan sekitar pukul 00.30 WIB didapati adanya sebuah truck yang mencurigakan masuk ke Enok Dalam, dan diduga muat barang illegal, kemudian tim gabungan melaksanakan aksi pengejaran dan pencegatan terhadap truk tersebut. Dua orang tim darat yang merupakan Personel Pos Angkatan Laut tembilahan bersama dua orang personel Kodim 0302/Inhu bergerak mengejar sasaran.

Curiga adanya kendaraan yang melintas kemudian anggota Pos Angkatan Laut (Posal) Tanjung Datuk dan anggota Kodim 0302/Inhu melaksanakan pengejaran, dan pada pukul 04.30 WIB mobil truk dengan No. Pol. BD 8713 AO dapat dihentikan dan ditahan di wilayah Kempas. Setelah dilaksanakan pengecekan terkait muatan mobil truk tersebut didapati ratusan kardus berisi minuman keras.

Muatan yang ditemukan sebanyak kurang lebih 456 kardus minuman keras dibawa ke Mako Kodim 0302/Inhu dengan pengawalan oleh Anggota Pos Angkatan Laut Tg. Datuk/Lanal Dumai dan 2 orang anggota Kodim 0302/Inhu, guna dilaksanakan penyelidikan lebih lanjut.

Saat ini tersangka yang merupakan sopir Truk yang berinisial “DS” dan barang bukti sebanyak 456 kardus atau sekitar 6000 botol Miras telah dilimpahkan ke Polda Riau.

“Keberhasilan Prajurit Lanal Dumai yang telah bersinergitas dengan Kodim 0302/Inhu dalam menggagalkan penyeludupan ratusan Minuman Keras illegal adalah merupakan suatu tindakan sinergitas Prajurit di lapangan yang membanggakan dan patut mendapatkan apresiasi dari pimpinan.”ujar Yose.

Kinerja itu membuahkan prestasi. Pimpinan TNI khususnya TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto, S.E., M.Si., telah memberikan Reward (penghargaan) terhadap prajurit yang telah berprestasi dan memiliki kinerja baik dalam melaksanakan tugas dilapangan, demikian juga sebaliknya apabila prajurit melakukan kesalahan akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku.(aga)