Dihadiri Bupati, Pemkab Terus Dukung Tradisi Kesenian Yang Di Pelalawan

PELALAWAN (DUMAIPOSNEWS.COM) — Dukung pengembangan seni budaya daerah, Bupati Pelalawan menghadiri dan sekaligus membuka pergelaran seni karawitan gendang jawa dan kuda kepang di Kampoeng Kopi Desa Makmur, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Minggu (9/6) kemarin. Dirinya berpesan terus lestarikan budaya tradisi ini, jangan sampai punah nantinya.
Kegiatan tersebut dihadiri Plt Kepala Dinas Diskominfo Kabupaten Pelalawan Faisal SSTP, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pelalawan Tengku Junaidi, Camat Pangkalan Kerinci Junaidi SPd, Kepala Desa Makmur Suwardi, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan ratusan masyarakat.

Demikian disampaikan Owner Kampeng Kopi sekaligus penyelenggara kegiatan Saryo mengatakan, bahwa dirinya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Pelalawan H Zukri yang sudah sudi hadir pada acara karawitan gendang jawa dan kuda kepang. Ivent seni budaya jawa ini akan digelar setiap satu bulan sekali. Selain itu juga, kita akan menggelar lomba akustik dan karoke, dimana akan dilaksanakan pada bulan Juli dan malam finalnya akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus.

Kongkowkuy

” Acara ini baru perdana dilaksanakan disini. Disini saya ingin menyampaikan sesuatu kepada orang nomor di satu di Kabupaten Pelalawan,dimana kendala yang dihadapi karawitan gendang jawa yang ada di Desa Makmur belum punya sanggar untuk berlatih, selama ini kami biasa berlatih di gedung serba guna kantor desa. Untuk itu, dengan hadir bupati bisa ikut partisipasi mensuport dan mendukung kreasi seni jawa ini nantinya, “terangnya.

Sementara itu, Bupati Pelalawan H Zukri SE mengatakan, bahwa bahwa dirinya mengapresiasi dan mendukung kepada Kampung Kopi, Pemerintah Desa Makmur dan masyarakat sekitar sudah menggelar pergelaran seni karawitan gendang jawa dan kuda kepang. Target dirinya sebagai Bupati, ingin menjadikan Kabupaten Pelalawan sebagai pusat pariwisata.

” Nanti disaat para wisatawan yang berkunjung di daerah kita, bisa disuguhi dengan pergelaran seni seperti ini juga nantinya. Kita akan memberikan peluang bagi anak-anak di Kabupaten Pelalawan untuk menampilkan kreatifitas seni yang dimilikinya.
Zukri menambahkan, hadi pada saat pelaksanaan Helat Pelalawan tahun ini, pihaknya akan mengundang untuk menampilkan seni budaya karawitan gendang jawa pada acara tersebut. Intinya, Pemerintahan terus berkomitmen memberikan dukungan kepada masyarakat untuk melestarikan kesenian karawitan gendang jawa daan kupang serta tradisi budaya lainnya khususnya didaerah yang bermotto ” Tuah Negeri Seiya Sekata “.(naz)