Pemkab Gelar Sosialisasi dan Pendampingan OPD BELA Pakai Aplikasi Mbizmarket

PELALAWAN (DUMAIPOSNEWS.COM) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Setdakab Pelalawan mengadakan sosialisasi dan pendampingan organisasi perangkat daerah (OPD) dalam Belanja Langsung (BELA) atau toko daring melalui aplikasi Mbizmarket, Senin (28/5) kemarin. Sosialisasi ini dibuka oleh Bupati Pelalawan H Zukri SE diwakili Asisten Administrasi Bidang Pembangunan dan Ekonomi Setdakab Pelalawan Drs Fakhrizal.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan selama dua hari ini mengenai tahapan pembuatan akun sinkronisasi dari sistem Mbizmarket kepada Pejabat Pengadaan, Pejabat Pembuat Komitmen dan Akun Bendahara. Kedepannya untuk penggunaan aplikasi tersebut diharapkan agar tertib administrasi secara online.
Demikian disampaikan Asisten Administrasi Bidang Pembangunan dan Ekonomi Setdakab Pelalawan Drs Fakhrizal didampingi Kabag Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Setdakab Pelalawan Dedy Aryanto MH mengatakan, bahwa pengadaan barang dan jasa pemerintah mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian nasional. Dasar pengadaan barang dan jasa sudah diatur dalam Peraturan Presiden (PP) Nomor 16 Tahun 2018.

Kongkowkuy

” Dalam tujuan pengadaan barang dan jasa ini untuk meningkatkan peran serta usaha mikro, usaha kecil, dan koperasikoperasi untuk itu pada penyusunan spesifikasi teknis, PPK wajib menggunakan produk usaha mikro dan kecil serta koperasi dari hasil produksi dalam negeri. Kementerian, Lembaga dan Pemerintahan Daerah mengalokasikan sedikit 40 persen dari nilai anggaran belanja barang dan jasa, ” terangnya.

Fakhrizal juga mengatakan, bahwa untuk saat ini banyak usaha mikro, usaha kecil serta usaha menengah yang ada di Kabupaten Pelalawan perlunya diberikan kesempatan mengikuti setiap kegiatan pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah daerahdaerah, salah satunya transaksi pengadaan secara elektronik dengan memanfaatkan Elektronik Marketplace (E-marketplace). Untuk itu PT Briliant Ecommerce Berjaya atau Mbizmarket, berupaya agar dapat dimanfaatkan oleh UMKM dalam mendigitalisasi proses pengadaan barang dan jasa, sehingga bisa bersifat transparan dan akuntabel.

” Saat ini Pemkab Pelalawan memberikan kesempatan kepada UMKM untuk memanfaatkan fasilitas yang ada Mbizmarket tersebut, “ujarnya.

Fakhrizal menambahkan, bahwa pihaknya mengajak para penyedia di Kabupaten Pelalawan segera mendaftar produk-produk kedalam katalog lokal maupun dalam pengadaan. Sehingga bersinergi dan dapat mengembangkan pelaku usaha UMKM yang ada di daerah Bermotto Tuah Negeri Seiya Sekata. Dirinya berharap sosialisasi, bimbingan teknis dan layanan helpdesk yang dilaksanakan BPBJ Pelalawan dan Mbizmarket ini merupakan kesempatan untuk UMKM dan OPD bisa dimanfaatkan dengan baik mengikuti acara tersebut. (naz)