Warga Kemiri 08 Raih Juara II Lomba Lampu Hias Meranti

SELATPANJANG(DUMAIPOSNEWS)-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata menggelar Festival Lampu Colok Tahun 2024. Warga Kemiri (WK 08) meraih Juara II dari puluhan peserta turut memeriahkan perlombaan.

Pengumuman pemenang dilakukan usai lomba takbiran yang digelar Pemkab Meranti di depan kediaman Plt Bupati (Purn) H Asmar Jalan Merdeka, Selatpanjang, Rabu (9/4/2024).

Kongkowkuy

Lampu colok merupakan salah satu bentuk syiar Islam, yang diwujudkan dalam berbagai bentuk kreasi, seperti miniatur masjid, lafaz Allah, ayat suci Alquran, dan berbagai bentuk menarik lainnya.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kepulauan Meranti Ery Suhairi melaporkan festival tahunan tersebut diikuti 13 peserta lampu colok, dan 25 peserta lampu hias.

Lebih jauh dijelaskannya, festival itu bertujuan menjaga budaya tradisional sebagai warisan masyarakat melayu dan juga dapat dijadikan salah satu ikon wisata.

Setelah dilakukan penilaian, yang dimulai dari malam 27 Ramadhan sampai dengan malam takbiran Hari Raya Idul Fitri. Lampu hias WK 08 yang letaknya Jalan Rintis, Gg Kemiri, Kecamatan Tebingtinggi, berhasil meraih Juara ll.

Untuk diketahui, kategori Lomba Lampu Colok, Juara l Pemuda DI Panjaitan Tanjung Kelurahan Teluk Belitung Kecamatan Merbau, Juara ll Remaja Masjid Al Huda Desa Kudap Kecamatan Tasik Putri Puyu, Juara lll Pemuda Kampung Baru PGRI.

Kemudian, untuk kategori Lomba Lampu Hias, Juara l Remaja Masjid Tsamrotul Ukhuwah Desa Mantiasa Kecamatan Tebingtinggi Barat, Juara ll WK 08 Jalan Kemiri Kecamatan Tebingtinggi, Juara lll Ikatan Pemuda Desa Insit Kecamatan Tebingtinggi Barat.

Ketua Kordinator WK 08, Hendra mengatakan telah mempersiapkan dari pertengahan ramadhan, dengan kerja sama yang dilakukan oleh pemuda setempat akhirnya menyelesaikan lampu hias dengan tema “Pelita Penerang Menuju Fitrah”.

“Alhamdulillah perwakilan Warga Kemiri Kecamatan Tebingtinggi meraih juara II,” ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya sangat bersyukur atas prestasi yang membanggakan hingga mendapat runner up pada perlombaan lampu hias tingkat kabupaten.

“Berkat kerjasama semua pihak, akhirnya kita bisa keluar sebagai juara dua. Terimakasih kami ucapkan kepada semua pihak turut membantu untuk mempersiapkan lampu hias,” tutup Hendra.(Ian)