Kafilah MTQ Riau ke 42 dari Dumai, Rohil, Bengkalis, Siak dan Inhu Sudah Tiba di Dumai

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – Kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Provinsi Riau ke 42 dari Rokan Hilir, Bengkalis, Siak dan Indragiri Hulu tiba di Kota Dumai, Jumat (19/04/2024).

Tujuh kafilah lainnya, yakni Kota Pekanbaru, Rokan Hulu, Kampar, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir dijadwalkan tiba pada Sabtu (20/04/2024).

Kongkowkuy

“Sedianya ada 6 kafilah yang akan tiba pada hari ini. Yakni Dumai, Rohil, Bengkalis, Siak, Pekanbaru dan Inhu. Namun Kafilah Pekanbaru menunda jadi hari Sabtu tanggal 20 April,” kata Budi Hasnul, penanggung jawab penyambutan kafilah MTQ Provinsi Riau ke 42, Jumat (19/04/2024).

Kafilah Kota Dumai datang paling awal. Pada Jumat (19/04/2024) sekira pukul 09.50 WIB. Mereka datang dengan 65 orang qori dan qoriah serta 20 orang pelatih dan official.

Usai salat Jumat, sekira pukul 13.30 WIB, giliran Kafilah Kabupaten Rokan Hilir yang tiba di Halaman Masjid Agung Habiburrahman Dumai Islamic Center. Mereka disambut Walikota Dumai H. Paisal yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, H Yusrizal.

Mereka datang dengan kekuatan 104 orang. Terdiri dari 70 orang qori dan qoriah untuk 10 cabang MTQ, 26 orang official dan 8 orang pendamping.

Kafilah Bengkalis menyusul sekira pukul 14.00 WIB. Di halaman Masjid Agung Habiburrahman DIC, mereka disambut Wali Kota Dumai H. Paisal yang diwakili Staf Ahli Wali Kota Dumai Bidang Pembangunan, Informasi Teknologi, Ekonomi dan Keuangan, H. Syawir Kasim.

Kafilah Bengkalis yang dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Bengkalis Andris Wasono, terdiri dari 68 qori dan qoriah, 18 pelatih dan 5 official.

“Kami datang dan hadir di perhelatan MTQ Riau tahun ini membawa harapan dapat mempertahankan kembali gelar Juara Umum,” ujar Andris Wasono.

Berikutnya, sekira pukul 16.00 WIB, Kafilah Siak yang yang berjumlah 143 orang tiba di Kota Dumai. Mereka terdiri dari 69 qori dan qoriah dan 74 dari official dan pelatih.

Kafilah Siak disambut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Dumai, Hj. Elywarti dengan pemasangan tanjak kepada pimpinan Kafilah H. Nursya.

“Kami datang bertekad memperbaiki peringkat dari MTQ Riau sebelumnya. Setidaknya dibawah Kota Dumai. Kalau Dumai peringkat satu, Kami yang kedua. Kalau Dumai yang kedua, kami yang ketiga,” kata Mirsya.

Terakhir, kafilah Kabupaten Indragiri Hulu yang tiba di Kota Dumai pada Jumat (19/04/2024) sekira pukul 20.00 WIB setelah sebelumnya dilepas pada pagi harinya oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hulu H. Hendrizal di Halaman Kantor Bupati Inhu.

Kabupaten Indragiri Hulu mengutus kafilah berkekuatan 68 orang qori qoriah, 30 orang tim Offisial, dan 6 orang tim pendamping. Saat tiba di Dumai, mereka disambut Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan dan SDM, Muhammad Yunus. (amb)