Jalan Anas Maamun Rusak Parah, Mirip Kubangan Kerbau

BANGKO PUSAKO (DUMAIPOSNEWS.COM) -Jalan Anas Maamun yang terletak di Kepenghuluan Sungai Manasib dan Bangko Kanan Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir kondisinya semakin hancur dan rusak parah, bahkan mirip kubangan kerbau.

Pantauan awak media di lapangan Rabu (27/4) kemarin menyebutkan, bahwa kondisi Jalan Anas Maamun itu rusak berat dan berkubang sepanjang jalan dan sangat sulit dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kongkowkuy

Akibatnya aktivitas warga masyarakat setempat yang mayoritas petani sawit sangat kesulitan untuk mengeluarkan hasil panennya.

Selain itu Jalan tersebut juga sebagai salah satu jalan alternatif masyarakat yang berada diwilayah Perbatasan yang meliputi Kecamatan Bangko Pusako, Balai Jaya, Bagan Sinembah, Basira, Simpang Kanan dan Tanjung Medan untuk menuju ke Ke Bagansiapi- api ibu kota Rokan Hilir dan sebaliknya.

Tidak sedikit warga masyarakat mengeluhkan hal itu dan berharap kepada pemerintah kabupaten Rokan Hilir untuk dapat memperhatikan dan memperbaiki jalan tersebut agar aktifitas masyarakat menjadi lancar dan menyingkat waktu.

“Kondisinya rusak parah, naik speda motor saja sulit apalagi mobil pribadi tak bisa lewat dan banyak nyangkut,” kata Subono warga Bangko Pusako kepada awak media.

Subono menyebut, Kerusakan Jalan Anas Maamun ini sudah lama terjadi namun hingga kini belum diperbaiki. Padahal jalan itu sebelumnya ramai dan padat dilalui masyarakat Bagan Batu, Balai Jaya,Simpang Kanan, Tanjung Medan dan Bangko Pusako yang hendak ke Bagan Siapi- api dan sebaliknya, namun sejak jalan itu rusak aktivitas masyarakat jadi sepi.

“Sekarang banyak warga yang lewat dari Ujung Tanjung. Dulu Pak Bupati Anas Maamun dan Pak Suyatno kalau ke Bagan Batu sering lewat sini, karena lebih dekat,” kata Subono menceritakan masa lalu.

Warga lainnya Sigit yang merupakan warga Balam juga mengeluhkan kondisi jalan Lintas Anas Maamun tersebut yang tak kunjung diperbaiki oleh Pemkab Rohil. Dirinya mengaku sering ke Bagansiapi- api dalam urusan administrasi, waktu itu Ia selalu lewat jalan Anas Maamun karena lebih dekat, namun karena sekarang rusak jadi jalan alternatif lewat Ujung Tanjung.

“Sekarang kami lewat Ujung Tanjung kalau ke Bagansiapi-api, selisih waktu dan perjalanan sangat beda jauh, pastinya lebih dekat lewat jalan Anas Maamun ,” ucap Sigid sembari berharap Pemerintah Rohil supaya dapat segera memperbaiki jalan Anas Maamun itu.( min).