GM PLN UID Riau & Kepri Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik

PEKANBARU (DUMAIPOS NEWS.COM ) – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau & Kepulauan Riau (UIDRKR) melakukan pengecekan kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang berada direst area tol Pekanbaru – Dumai dan Pekanbaru – Bangkinang pada Senin (8/4). Upaya ini dilakukan guna mendukung kenyamanan para pemudik pengguna mobil listrik dalam menyambut Lebaran 2024.

General Manager PLN UIDRKR, Parulian Noviandri menyampaikan, secara keseluruhan PLN UID telah mengoperasikan 13 titik lokasi SPKLU selama masa siaga mudik Lebaran 2024. Di jalur mudik ruas tol Pekanbaru – Dumai terdapat SPKLU direst area km 45, ruas tol Dumai – Pekanbaru direst area km 65, ruas tol Pekanbaru – Bangkinang direst area km 36 A dan diruas tol Bankinang – Pekanbaru direst area km 36 B.

Kongkowkuy

Sedangkan diluar ruas tol, SPKLU telah tersedia di Kantor Gubernur Riau, Kantor PLN UIDRKR, Kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekanbaru, Kantor UP3 Dumai, Kantor UP3 Rengat, UP3 Tanjung Pinang, Kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP) Tanjung Pinang, ULP Tanjung Uban dan ULP Taluk Kuantan.

“Di setiap lokasi rest area SPKLU terdapat posko siaga PLN yang akan memberikan dukungan kepada pelanggan saat melakukan pengisian daya kendaraan listrik. Menyambut lonjakan pemudik yang menggunakan kendaraan listrik, PLN telah memastikan agar SPKLU yang terpasang di berbagai titik strategis dapat bekerja dengan lancar. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa pengguna kendaraan listrik dapat melakukan perjalanan mereka dengan lancar tanpa khawatir mengenai kebutuhan daya listrik,” ujar Parulian.

Parulian menambahkan, saat ini Aplikasi PLN Mobile juga telah dilengkapi dengan 3 fitur tambahan yang mendukung pemudik yang menggunakan mobil listrik.

“Saat ini pengguna mobil listrik dapat menggunakan fitur _Trip Planner_ yang memudahkan pemudik untuk mengetahui titik SPKLU, scan barcode SPKLU dalam melakukan charging yang awalnya 3 tahap, menjadi 2 tahap, serta fitur pop up Siaga SPKLU dimana pengguna mobil listrik yang mengalami permasalahan kehabisan daya di tengah perjalanan dapat langsung berkomunikasi dengan Hotline SPKLU 24 jam dengan nomor call center PLN 123 atau melalui Whatsapp 087 77 1112 123,” kata Parulian.

PLN, kata Parulian, selain menambahkan jumlah SPKLU yang beroperasi dilokasi strategis, PLN juga menyiagakan personel siaga dengan peralatan lengkap di SPKLU tersebut selama periode siaga mulai tanggal 03 April 2024 sampai dengan 19 April 2024.

“Langkah-langkah ini diharapkan tidak hanya akan memudahkan perjalanan para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik, tapi juga mendorong lebih banyak orang untuk beralih ke kendaraan listrik sebagai upaya mengurangi emisi karbon dan mendukung keberlanjutan lingkungan,” tutur Parulian.(rls)