Diduga Ulah ODGJ, Tiga Unit Rumah di Jalan Nasional Terbakar

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – Tiga unit rumah di jalan Nasional RT 07 Kelurahan Buluh Kasap Kecamatan Dumai Timur, Selasa (16/04/2024) terbakar sekira pukul 03.55 WIB. Kuat dugaan tiga unit rumah akibat ulah Orang Dalam Gangguan Kejiwaan (ODGJ).

Data dirangkum dumaiposnews.com di tempat kejadian, tiga unit rumah yang terbakar terdiri dari 2 unit rumah semi permanen dan 1 unit rumah sewa 2 petak.

Kongkowkuy

Lurah Buluh Kasap, Suyono mengatakan dua unit rumah permanen merupakan milik Hutagaol yang ditempati oleh anaknya dan satu unit lagi disewa oleh keluarga Roy Harahap. Sedangkan 1 unit rumah sewa merupakan milik Arifin yang 1 petak diantaranya dihuni okeh keluarga almarhum sulung dan 1 petak dalam keadaan kosong.

Ketiga unit rumah tersebut tinggal puing setelah sekira 2 jam dilumat api. Apalagi rumah petak milik Arifin terbuat dari kayu yang sudah cukup lama.

“Sampai saat ini belum jelas penyebab kebakaran ini. Tentang dugaan disebabkan ODGJ masih dugaan. Kita belum bisa memastikan,” kata Suyono.

Tentang penanganan lebih lanjut terhadap korban kebakaran, Suyono mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Sosial Kota Dumai.

6 unit mobil pemadam dan suplai air dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Dumai dikerahkan untuk melakukan pemadaman. Ditambah lagi 2 unit mobil pemadam dari Kilang Pertamina Internasional RU II Dumai.

Mereka berjibaku memadankan api selama lebih kurang 2 jam. Dari pukul 04.00 hingga pukul 06.00 WIB.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Dumai, Zulkarnaen mengatakan, informasi terjadinya kebakaran mereka terima sekira pukul 05.00 WIB atau sekira 5 menit setelah api terlihat berkobar.

“Kami langsung mengerahkan satu unit pemadam. Menyusul kemudian lima unit fire dan suplai. Tim kita juga mendapat support dari KPI RU II untuk mempercepat pemadaman,” kata Zulkarnaen.

Zulkarnaen belum dapat memastikan seberapa besar kerugian akibat musibah tersebut. Namun ia memastikan 1 unit sepeda motor ikut hangus terbakar pada musibah tersebut.

Terakhir Zulkarnaen berpesan kepada seluruh masyarakat kota Dumai dan sekitarnya agar selalu berhati hati dan tetap waspada, agar tidak terjadi hal hal yang tidak diharapkan. Apabila terjadi kebakaran dan penyelamatan lain nya, bisa hubungi nomor : 0765-38208 atau Call Center : 08117504113. (amb)