Diduga Konsleting, 13 Ruangan SDN 001  Ludes Dilalap Api

BALAIJAYA (DUMAIPOSNEWS) — Ketenangan warga masyarakat kepenghuluan Kencana (Paket D) kecamatan Balai Jaya pada Sabtu (13/4/2024) digegerkan dengan adanya peristiwa kebakaran pada bangunan Sekolah’ Dasar Negeri 001 Kecamatan Balai Jaya.

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum menyebut, bahwa kendati tidak ada korban jiwa, namun dalam peristiwa itu mengakibatkan kerugian mencapai kisaran ratusan juta.

Kongkowkuy

Pasalnya, setidaknya 13 Ruangan yang terdiri dari 8 ruangan belajar (kelas), satu ruangan majelis guru, satu ruangan kepala sekolah satu ruangan tata usaha dan 2 kamar mandi ludes terbakar.

Kapolsek Bagan Sinembah, Kompol Imran Teheri Ssos MH membenarkan adanya peristiwa kebakaran yang terjadi di gedung SDN 001 Balai Jaya tersebut.

Dijelaskan Kapolsek, bahwa kebakaran itu bermula saat petugas kebersihan sekaligus penjaga sekolah, Azwir (64) sedang mengumpul sampah potongan dihalaman SDN 001 tiba-tiba mendengar suara ledakan dari ruang salah satu kamar mandi (WC,Red) bagian atas.

Karena curiga, kemudian Azwin berlari menuju suara ledakan tersebut. Dan setelah sudah dekat, dirinya melihat ternyata suara ledakan tersebut berasal dari instalasi listrik yang menyebabkan kaca ventilasi dari ruang kamar mandi tersebut pecah dan bahkan saat itu api juga sudah menyala.

Melihat hal itu, Azwin kemudian berlari dan memberitahukan perihal adanya kebakaran disalah satu kamar mandi sekolah itu kepada warga setempat.

Warga setempat dengan sigap langsung berlari dan membantu memadamkan dengan menggunakan peralatan seadanya serta melaporkan kepada pihak kepolisian.

Kepulan asap hitam semakin menebal yang diperparah lagi dengan hembusan angin sehingga semakin mempercepat api bergelora dan melalap seluruh dinding bangunan sekolah yang masih semi permanen tersebut.

Dan tidak lama kemudian mobil pemadam bersama dengan petugas dari Polsek Bagan Sinembah sudah tiba dilokasi kejadian.

Kehadiran satu unit mobil pemadam kebakaran itu, warga yang dibantu aparat kepolisian dan juga TNI juga semakin semangat untuk memadamkan kobaran api yang kian membesar.

Upaya keras warga dan petugas pemadam kebakaran itu pun akhirnya sekira pukul 17.30 Wib berhasil memadamkan kobaran api.

Dan untuk memudahkan petugas kepolisian melakukan olah TKP dan penyelidikan, sehingga seluruh lokasi kebakaran di pasang garis polisi.

” Alhamdulillah setelah berjibaku sekian lama, akhirnya api yang membakar gedung SDN 01 itu berhasil dipadamkan” ujar Kompol Imran Teheri.

Dan dari penyelidikan serta olah TKP, lanjut Kapolsek lagu penyebab kebakaran diduga berasal dari adanya arus pendek listrik.

” Untuk sementara ini asal api diduga akibat dari konsleting arus listrik dari instalasi listrik ruang WC bagian atas,” terangnya kembali. (min)