Bakal Dihadiri Ribuan Peserta dan Penggembira, ini Rangkaian Kegiatan MTQ Riau Ke 42 di Dumai

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – Ribuan orang dari seluruh kabupaten – kota se Provinsi Riau bakal memeriahkan helat Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Riau ke 42 tanggal 21 hingga 27 April 2024 di Kota Dumai.

Meski MTQ ke 42 dilaksanakan tanggal 21, kegiatan sudah dimulai tanggal 20 April 2024. “Kita awali dengan malam ta’aruf antar kafilah dan pelantikan dewan hakim sehari sebelum pembukaan di halaman DIC,” kata Ketua Panitia MTQ Provinsi ke 42, H. Indra Gunawan, Rabu (17/04/2024).

Kongkowkuy

MTQ diawali dengan pawai ta’aruf pada Ahad (21/04/2024) pagi pukul 07.30 WIB. Kegiatan di pusatkan di Jalan Jendral Sudirman depan Bank BNI Dumai.

“Ribuan penggembira akan ikut serta dalam kegiatan pawai ta’aruf ini. Tiap-tiap kafilah akan menampilkan yang terbaik, termasuk jumlah penggembira,” kata Indra.

Pukul 10.30 WIB dilanjutkan dengan pembukaan bazar MTQ yang dipusatkan di Jalan HR Soebrantas. Bazar, selain diikuti seluruh kabupaten kota se Provinsi Riau, juga diikuti seluruh instansi se Kota Dumai dan UMKM.

Pembukaan MTQ dilaksanakan Ahad (21/04/2024) malam pukul 19.30 WIB. Kegiatan dipusatkan arena utama MTQ di Taman Bukit Gelanggang.

“Di arena utama ini, selain jadi tempat Musabaqah sejumlah cabang, juga akan dimeriahkan penampilan artis dan ustadz ternama. Mereka akan tampil secara bergantian selama MTQ berlangsung,” kata Indra.

Diawali dengan tausiah oleh ustadz Derry Sulaiman pada 21 April 2024. Kemudian penampilan Opick pada 24 April 2024 dan Debu pada 27 April 2024. Terakhir tausiah oleh ustadz Das’al Latief dan penampilan artis Fatin Shidqia Lubis pada 28 April 2024.

Selain di Taman Bukit Gelanggang, panitia juga dilaksanakan Musabaqah 11 lokasi untuk sejumlah cabang yang diperlombakan.

Ke sebelas lokasi tersebut yakni Masjid Habiburrahman DIC, Masjid Muslimin, Masjid Alfalah, Masjid Taqwa, Masjid Baiturrahman, Masjid Al Hijriyah, Gedung Sasana Mitra Pertamina, Aula Universitas Dumai, Aula STIA Lancang Kuning, Balai Sri Bunga Tanjung dan Balai Wan Dahlan Ibrahim.

Tentang persiapan kegiatan, Indra yang juga sekretaris Daerah Kota Dumai akan tuntas sehari sebelum pelaksanaan kegiatan. “Yang paling penting itu Astaka utama di Taman Bukit Gelanggang.
Pembangunannya terus berlangsung dan dikebut. Yang lain hampir tak ada masalah,” kata Indra.

Untuk astaka utama, diakui Indra terkendala cuaca. Namun Ia yakin akan selesai tepat waktu. “Dari awal memang terkendala cuaca hujan. Namun pelaksana telah mekasimalkan pekerjaan dengan menambah jumlah pekerja. Kami optimis selesai sehari sebelum pembukaan,” katanya. (amb)