Puluhan Jemaah Calhaj, Ikuti Manasik Haji Mandiri IPHI Kecamatan Tualang

SIAK (DUMAIPOSNEWS.COM) – Pelaksanaan Manasik Haji bagi Jemaah Calon Haji (Calhaj) 2024 Kecamatan Tualang dilakukan dalam beberapa kali pertemuan. Pada Sabtu (2/3) kemarin merupakan pelaksanaan hari terakhir yang dipusatkan di Masjid Besar Baitu Ridha Kecamatan Tualang Km 11. Sebanyak 37 Jemaah Calhaj masuk dalam penjadwalan pemberangkatan ke tanah suci tahun ini termasuk 3 diantaranya adalah Jemaah cadangan.

Pelaksanaan manasik ini digelar oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Tualang yang disebut dengan Manasik Haji Mandiri. Disebut Mandiri karena segala pembiayaan yang dibutuhkan selama Pelaksanaan manasik Haji dibiayai secara mandiri dengan sistem berswadaya dan swadaya.

Kongkowkuy

Ketua IPHI Kecamatan Tualang, H. Faizal SH.I menjelaskan bahwa sebelum ini Pelaksanaan manasik dilaksanakan di areal lain diantaranya di Aula dan halaman Kantor Pemerintah Kampung Perawang Barat.

“Hari ini merupakan hari terakhir Pelaksanaan manasik Haji IPHI Mandiri. Selanjutnya nanti akan ada pula manasik yang digelar oleh pemerintah dan juga pihak Kemenag RI,” sebut H. Faizal.

Diceritakan Faizal, pergelaran manasik terakhir ini di awali dengan pemberangkatan Jemaah calon haji menggunakan satu unit bus dari “hotel”, titikya di Masjid KPR 1, kemudian singgah di masjid Km 08 untuk mengambil minat, sehingga dititik ini mulai menggunakan pakaian ihram. Setelah itu langsung menuju kota Makkah untuk menjalankan rutinitas ibadah yang disyariatkan.

“Alhamdulillah Pelaksanaan manasik Haji hingga hari terakhir ini berjalan sebagai mestinya. Dan kami ucapkan terimakasih kepada nara Sumber pak H Tarmizi spesialis pembicara manasik haji Provinsi Riau ini,” sebut Faizal yang juga Kades Perawang Barat ini.(Rel).