Program Penanaman 10.000 Mangrove PT Pacific Indopalm Industries

Foto Bersama General Manager PT Pacific Indopalm Industries Mr Abdulmajid Mohammed Al Shaibani

 

Kongkowkuy

 

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)-PT Pacific Indopalm Industries adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan minyak kelapa sawit yang memiliki komitmen dan tanggung jawab terhadap keberlanjutan dan kelestarian lingkungan, khususnya lingkungan hidup di wilayah Kota Dumai di mana perusahaan beroperasi.

PT Pacific Indopalm Industries percaya bahwa menjalankan bisnis secara berkelanjutan sejalan dengan tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR (Corporate Social Responsibility). Aktivitas CSR yang diintegrasikan ke dalam bisnis perusahaan berguna untuk membangun etika, keberlanjutan, dan dampak sosial secara konstruktif antara perusahaan, pemerintah, komunitas, dan masyarakat sekitar.

Salah satu bentuk kepedulian perusahaan sebagai konkretisasi tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) tersebut adalah dengan membuat Program Penanaman 10.000 Mangrove guna menciptakan tanaman Mangrove sebagai Belting Protector di Pesisir Laut Kota Dumai. Program penanaman mangrove ini akan dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan setiap 6 bulan sekali sebanyak 1.000 mangrove perkegiatan.

“Anggaran pelaksanaan kegiatan inisiatif ini bersumber dari dana CSR perusahaan, sehingga besar harapan kami Program Penanaman 10.000 Mangrove ini dapat berjalan dengan baik dan sukses serta berkesinambungan.”Ungkap Public Relation PT Pacific Indopalm Industries sekaligus Ketua Panitia pelaksanaan kegiatan ini Sisyanto dalam sambutannya.

Untuk tercapainya tujuan tersebut, “Perusahaan sangat mengharapkan dukungan dari segenap instansi Pemerintah Daerah terkait serta masyarakat sekitar sehingga terjalin sinergitas antara perusahaan,Pemerintah dan masyarakat di dalam mewujudkan pelestarian lingkungan, khususnya pada ekosistem mangrove di Desa Guntung Kabupaten Medang Kampai.” Terang Sisyanto.

Pelaksanaan Program Penanaman 10.000 Mangrove sebagai Belting Protector ini dilaksanakan di Desa Guntung Kabupaten Medang Kampai sebagai dukungan perusahaan atas kekhwatiran Dinas Lingkungan Hidup terhadap  permasalahan abrasi yang semakin hari semakin meresahkan di beberapa wilayah pantai Kota Dumai termasuk pinggiran pantai Desa Guntung.

“Program ini diharapkan dapat berhasil dan keberhasilan tersebut tidak hanya menjadi solusi atas permasalahan abrasi tetapi juga dapat memberikan peningkatan ekonomi masyarakat kedepannya.”Jelas Sisyanto.

Sementara Walikota Dumai yang di wakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agus Gunawan S.Sos memberikan apresiasi kepada management PT Pacific Indopalm Industries yang ikut melestarikan lingkungan dengan program menanam 10.000 pohon Mangrove di sepanjang pantai pesisir pantai Kota Dumai termasuk penanaman 1.000 pohon Mangrove di Kelurahan Guntung,tepatnya di pesisir Pantai Salam Lestari ini.

“Kita apresiasi program penanaman 10.000 pohon Mangrove yang di canangkan PT.Pacific Indopalm Industries di pesisir pantai Kota Dumai,termasuk di penanaman pohon Mangrove di sepanjang pesisir pantai Salam Lestari ini,apalagi Daerahnya ini dulunya merupakan kampung lama karena abrasi jarak pantai ke tanah masyarakat semakin dekat.”ujar Agus.

Dikatakan Agus lagi, Walikota Dumai Komit terhadap janjinya untuk pembangunan di seluruh wilayah Kota Dumai termasuk Kecamatan Medang Kampai ini dalam upaya berhidmat mengsejahterakan masyarakatnya.

“Penanaman Mangrove ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar pesisir pantai di Kota Dumai termasuk juga program masyarakat membangun Kota Dumai yang lebih baik.”Sebut Agus lagi

Menurut Agus,apa yang dilakukan PT.Pacific Indopalm Industries ini perlu di contoh perusahaan lain yang ada di Kota Dumai,”Ini Contoh perusahaan yang baik,Saya berharap perusahaan lain juga ikut mencontoh apa yang di lakukan PT.Pacific Indopalm Industries dalam upaya menahan abrasi terutama di sepanjang pesisir pantai Medang Kampai ini yang terlihat kondisinya semakin menguatirkan saat ini,Saya berharap program ini berkelanjutan. “Harap Agus mengakhiri.

Acara ini dihadiri Pimpinan dan Manajemen Perusahaan,Walikota Dumai yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai Agus Gunawan,S.Sos,Sekcam Medang Kampai Indra Oemar, Kapolsek Medang Kampai AKP Edwi Sunardi,Lurah Guntung, LPMK Kelurahan Guntung, Para Ketua RT di Kelurahan Guntung, Kelompok Tani di Kelurahan Guntung dan masyarakat sekitar.

“Kami akan terus update perkembangan program kami tersebut yang dapat diakses pada Website kami di https://www.pacificindopalm.com/blog.html.”Tutup Sisyanto.(eka/rls).