Sempena Bulan K3 Nasional, Pelindo Dumai Gelar Serangkaian Event dan Kegiatan Kemanusiaan

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional I Cabang Dumai sukses menyelenggarakan serangkaian event dan kegiatan kemanusiaan dalam rangka memperingati Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional 2024.

Beberapa kegiatan diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya K3 di lingkungan kerja diantaranya Senam Sehat Bersama, Lomba K3 yang terdiri dari Lomba Yel-Yel dan Smart Competition serta kegiatan drill tanggap darurat kebakaran.

Kongkowkuy

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Executive GM Jonatan Ginting turut hadir Branch Manager SPMT, Khoirudin Lubis dan Manager Area SPJM, Delfianis.

Senam Sehat Bersama merupakan kegiatan yang melibatkan seluruh karyawan PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional I Cabang Dumai untuk berpartisipasi dalam gerakan senam yang bertujuan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Sementara itu, Lomba K3 yang terdiri dari Lomba Yel-Yel dan Smart Competition diikuti oleh seluruh karyawan baik organik dan non organik beserta unsur manajemen, selain itu juga diikuti para pekerja dari Subholding seperti SPMT, SPJM dan PT PMS yang menampilkan kreativitas dan pengetahuan mereka dalam bidang K3.

Setelah melalui proses penilaian yang ketat, Regional I Cabang Dumai berhasil meraih gelar Juara Umum pada acara tersebut. Prestasi ini menunjukkan dedikasi dan komitmen PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional I Cabang Dumai dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya K3 di lingkungan kerja.

Peringatan Bulan K3 Nasioanl juga diisi dengan kegiatan donor darah. Pelindo menggelar kegiatan kemanusiaan ini berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Dumai. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 20 Februari 2024, di Main Hall Kantor Regional I Cabang Dumai.

Turut serta dalam acara ini adalah subholding anak perusahaan dan pihak eksternal, termasuk keagenan, PBM, dan mitra kerja lainnya yang terlibat dalam operasional Pelindo di Dumai.

Selain itu, PT. Pelabuhan Indonesia melalui Divisi Sistem Manajemen telah mengadakan dua rangkaian kegiatan drill tanggap darurat kebakaran yang sukses dilaksanakan pada tanggal 22-23 Februari 2024. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi darurat di atas kapal tunda dan di kantor Regional I Cabang Dumai.

Kegiatan Drill Tanggap Darurat Kebakaran Di Atas Kapal Tunda. Drill ini melibatkan dua unit kapal tunda, yaitu KT. Sei Deli II dan KT. Hang Tuah VIII, beserta para ABK/crew kapal tunda tersebut. Kegiatan ini berlangsung di tengah laut depan dermaga B dan berhasil dilaksanakan dengan baik, lancar, dan sukses. Turut serta dalam pelaksanaan drill ini adalah SPJM dan PT PMS.

Sementara itu, Executive General Manager PT Pelindo Regional 1 Dumai Jonatan Ginting menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh karyawan yang telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut, serta berharap agar semangat keselamatan dan kesehatan kerja terus ditingkatkan demi terciptanya lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi semua.

“Bersama peringatan Bulan K3 Nasional ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat komitmen bersama dalam menciptakan budaya K3 yang berkelanjutan dan terintegrasi di PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional I Cabang Dumai, serta menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lainnya dalam upaya meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja,” pungkasnya.(men)