Menhub Budi Karya Dorong Pengembangan Pelabuhan Dumai dalam Kunjungan Kerja ke Riau

Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau lokasi pelabuhan barang yakni dermaga A, B, dan C serta terminal penumpang di area PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 Cabang Dumai Kamis (8/2/2024).

 

Kongkowkuy

 

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan komitmennya untuk mengembangkan serta memaksimalkan fungsi Pelabuhan Dumai. Pernyataan tersebut disampaikan saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Provinsi Riau, dengan meninjau Pelabuhan Internasional Pelindo di Kota Dumai, Kamis (8/2/2024).

Menhub menyebutkan bahwa potensi Pelabuhan Dumai sangat besar, namun belum dimaksimalkan. Oleh karena itu, Menhub telah memerintahkan Pelindo untuk segera mengembangkan pelabuhan agar fungsi pelabuhan tersebut dapat mencapai titik maksimal.

“Di Dumai saya melihat potensinya besar, namun fungsi pelabuhan belum maksimal. Pergerakan orang dari dan ke Malaysia cukup banyak. Maka, pelabuhan Dumai ini akan dimaksimalkan. Kita rencanakan pelabuhan yang cantik dan akan diselesaikan dalam waktu dekat,” ujar Menhub.

Dua pengembangan utama yang akan dilakukan di Pelabuhan Dumai adalah pengerukan kolam bandar serta pengembangan terminal penumpang. Menurut Menhub, potensi Pelabuhan Dumai sangat besar, terutama melihat ekspor CPO melalui pelabuhan tersebut, sehingga perlu adanya optimalisasi agar fungsi pelabuhan bisa mencapai puncaknya.

“Saya akan panggil Pelindo Dumai, nanti kita akan bicarakan hal-hal apa saja yang sudah dibuat dan potensi-potensi yang belum dibuat akan kita maksimalkan, agar fungsi dari pelabuhan di Pelindo Dumai benar-benar berjalan maksimal, karena Dumai sangat produktif,” tambahnya.

Kunjungan Menhub ini dilaksanakan untuk meninjau lokasi pelabuhan barang yakni dermaga A, B, dan C serta terminal penumpang di area PT Pelabuhan Indonesia cabang Dumai. Kunjungan ini dilakukan untuk melihat arus barang serta penumpang dan meninjau fasilitas utama maupun pendukung di sekitaran pelabuhan ini.

Sementara itu, Sekdako Dumai H Indra Gunawan menyambut baik kunjungan Menhub RI ini. Menurut Indra, kunjungan Menhub ini memberikan angin segar untuk Kota Dumai terutama terkait penyampaian perbaikan beberapa titik sarana transportasi serta mobilisasi masyarakat Kota Dumai pada umumnya.
“Kita akan mendampingi Bapak Menhub untuk meninjau beberapa titik lokasi pelabuhan di PT. Pelindo dan fasilitas penunjang di area sekitar. Kita berharap dengan kehadiran Menhub RI ini akan memberikan dampak positif terhadap mobilitas transportasi serta fasilitasnya di Kota Dumai,” tambahnya.

Usai dari Pelabuhan Dumai, Menhub bertolak ke Pelabuhan Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Diharapkan, upaya maksimalisasi fungsi Pelabuhan Dumai ini akan memberikan dampak positif bagi pengembangan infrastruktur dan mobilitas di wilayah tersebut.(men)