6,5 Hektar Lahan di Dua Titik Terbakar di Tanjung Palas

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)-Musim panas yang terus berlanjut membuat terjadinya Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah daerah. Di Dumai Karhutla terjadi di lahan gambut yang berada di Jalan Dumai Motor, RT 04 dan di belakang Perumahan Rafanda RT 015 Tanjung Palas , Dumai Timur.

Sejumlah personil yang turun dari BPBD Kota Dumai, Manggala Agni, TNI-Polri dan MPA dikerahkan untuk memadamkan api agar api tidak terus menjalar ke semak belukar lainya, Ahad (18/2/2024).

Kongkowkuy

Terlihat Lurah Tanjung Palas Untung Efendi, Kapolsek Dumai Timur, Bhabinkamtibmas Tanjung Palas Aiptu Lison Pakpahan, ikut dalam pemadaman Karhutla.

Kebakaran sudah terjadi selama lebih kurang 2 pekan dan berada di 2 titik. Pertama di belakang perumahan Rafhanda dan kedua di Jalan Dumai Motor.

“Untuk yang di Rafhanda kebakaran seluas lebih kurang 5 Hektar, dan Alhamdulillah api sudah dapat di padamkan, saat ini MPA di bantu dengan Manggala Agni dan BPBD Kota Dumai terfokus kepada kebakaran di Dumai Motor,”kata Lurah Tanjung Palas, Untung Efendi.

Untuk Karhutla yang terjadi di Jalan Dumai motor, Ahad (18/2/2024) luas yang terbakar lebih kurang 1,5 hektar. Di duga untuk sementara api berasal dari warga yang mencari kayu karena ada bekas tebangan pohon di lokasi, pelaku masih dalam lidik.

Sedangkan penyebab kebakaran di Jalan Rafhanda di duga terjadi karna adanya warga yang akan membuka lahan untuk perumahan. Dari kedua lokasi ini, diperkirakan 6,5 hektar lahan yang terbakar di Kelurahan Tanjung Palas.

“Dihimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas berupa membuka lahan dan berkebun dengan cara membakar serta tidak mancing ikan di wilayah yang rawan terjadinya kebakaran,”ungkap Lurah Tanjung Palas.(rio)