PT ESM Donasi Buku Karyawan dan Sosialisasi HIV/AIDS Di SMKN 4 Dumai

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)– Dalam upaya optimalisasi kegiatan sosialisasi pencegahan HIV/AIDS di Kota Dumai khususnya bagi kalangan pelajar dan mahasiswa tentu saja menjadi tanggung jawab semua pihak, berkaca dari Itu PT Energi Sejahtera Mas (PT ESM), Jumat (1/12) bersama Dinas Kesehatan, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) mengadakan Sosialisasi HIV/AIDS di SMKN 4 Dumai dan Donasi Buku yang dikumpulkan dari para karyawan.

PT ESM memandang sosialisasi ini sangat penting dan strategis terutama sebagai langkah antisipatif terhadap ancaman bahaya HIV/AIDS bagi masyarakat luas tidak terkecuali masyarakat usia produktif seperti pelajar dan tentu saja kegiatan ini mendapat apresiasi dari Dinas Kesehatan, KPA dan SMKN 4.

Kongkowkuy

Manager HRGA PT ESM Dedi Nala mengatakan, Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan edukasi mengenai HIV AIDS dan cara pencegahan serta penanggulangannya. Angka kasus HIV AIDS yang masih cukup tinggi menjadikan masalah ini masih menjadi perhatian banyak kalangan, mulai dari pemerintah, dinas kesehatan, lembaga sosial, masyarakat dan kalangan akademisi.

Untuk mencegah terjadinya penyebarluasan penyakit ini, ESM terus melakukan sosialisasi untuk selalu meningkatkan kesadaran terkait HIV AIDS, terkait donasi buku harapannya dengan kegiatan ini dapat meningkatkan peran perusahaan melalui karyawan untuk ikut serta meningkatkan kecerdasan masayarakat dengan membaca.

Apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini disampaikan Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes, Suriani SKM Kegiatan yg diinisiasi oleh PT ESM ini sangat bagus, semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan guna menjaga anak bangsa dari virus ini, semakin sering disampaikan informasi bahaya HIV/AIDS maka berkemungkinan semakin cepat dapat mengendalikan virus agar tidak terinfeksi pada peserta didik yang merupakan aset bangsa.
Senada dengan itu, Sekretaris KPA Kota Dumai, Merly Panjaitan mengucapkan Terimakasih kepada PT ESM yang telah berpartisipasi dalam program HIV / AIDS dilingkungan sekolah, kiranya program ini berlanjut untuk tahun-tahun kedepan dan dapat melibatkan seluruh sekolah yang ada di wilayah kerja PT ESM.

”Sehingga terpaparnya remaja tentang informasi HIV AIDS,yang dimana sekarang remaja menjadi korban dalam prilaku seks yang menyimpang, dengan adanya program PT ESM turun kesekolah semoga remaja mendapatkan informasi HIV AIDS dan dapat menghindari prilaku seks bebas tersebut dan tercapainya 95 95 95 dan akhiri Aids 2030,”ujar Merly.

Waka Humas SMKN 4 Dumai Eva Oktarina, SP Mengatakan kegiatan sosialisasi ini sangat mengedukasi untuk siswa/i SMKN 4 Dumai, karna maraknya pergaulan bebas merupakan salah satu dampak dari tontonan film dewasa yang mudah di akses di internet dan sangat merusak generasi bangsa.

Dengan adanya kegiatan tadi telah menambah ilmu mereka tentang dampak dari pergaulan bebas yaitu HIV-AIDS, dimana penyakit ini sangat berbahaya dan mematikan, sosialisasi tentang HIV-AIDS penting untuk digalakkan apalagi di tempat kami yang jauh dari monitor pemerintah dan pemahaman masyarakat yang masih rendah terhadap penyakit tersebut.

”Kami juga berterima kasih kepada PT ESM dan dinas kesehatan untuk sosialisasi hari ini, semoga kegiatan ini akan terus berlanjut sebagai salah satu kegiatan gerakan masyarat (GERMAS), untuk donasi buku yang diberikan tentunya sekolah juga berterimakasih dengan donasi buku ini bisa menambah koleksi buku yang ada diperpustakaan semoga bisa semakin meningkatkan minat baca dikalangan sekolah kami,”ujarnya.

Humas PT ESM, Dian Purnama Ayu mengungkapkan acara ini sengaja dilaksanakan tepat pada tgl 1 Desember 2023 sebagai peringatan Hari Aids Sedunia (HAS), dan bagi ingatan kita semua terhadap momen tersebut, Dan Donasi Buku Karyawan ini juga rutin kita lakukan sebagai bentuk kepedulian karyawan terhadap dunia pendidikan. (rka)