Cegah DBD, Dandim 0320/Dumai Pimpin Langsung Karya Bakti di Pasar Bundaran Dumai

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)- Dalam rangka Karya Bakti TNI, jajaran Kodim 0320 Dumai melaksanakan gotong royong bersama dengan melibatkan sebanyak 500 personil dari TNI terdiri dari Kodim 0320, Lanal, Den Rudal 004, Kompi 132, Sat Radar, dan dibantu dari Polri, Sat Pol PP , Dinas Kesehatan serta komponen masyarakat sekitar.

Kegiatan yang dilaksanakan Jumat (8/12/2023) dimulai pukul 8.00 WIB diawali dengan apel singkat di halaman kediaman Mbah Parto, Jalan Arifin Ahmad. Selanjutnya, personil berseragam masing-masing satuan bersama masyarakat dilengkapi dengan perangkat gotong royong langsung mengarah ke parit yang berada di sepanjang Pasar Bundaran tersebut.
Bukan hanya itu, satu alat berat eksapator ikut dikerahkan menggali parit atau saluran air yang tersumbat, sebanyak empat unit mesin semprot fogging menelusiri tempat-tempat yang menjadi sasaran yang dinilai rawan nyamuk DBD.

Kongkowkuy

Terlihat Komandan Kodim (Dandim) 0320 Dumai Letkol Inf Antony Tri Wibowo dan pejabat Kodim 0320 Dumai turut serta dalam gotong royong untuk turun bersama membersihkan sampah-sampah serta menggali saluran yang tersumbat. Ditempat itu juga, terdapat pemeriksaan kesehatan gratis dengan melibatkan Dinas Kesehatan Kota Dumai.

Disela-sela kegiatan gotong royong bersama, Dandim 0320 Dumai, Letkol Inf Antony Tri Wibowo yang dikonfirmasi Dumai Pos menyebutkan, kegiatan ini melibatkan komponen masyarakat, khusunya dengan Dinas Kesehatan melaksanakan kebersihan bersama.

“Kita ketahui bersama bahwa saat ini kita masuk ke musim penghujan atau Elnino, dimana hujan kapan saja bisa terjadi dan tentunya kekuatiran akan timbul wabah DBD, sehingga sebelum itu terjadi atas inisiasi kita bersama Kodim 0320 Dumai, Dinas Kesehatan sesuai instruksi Korem, Kodam hingga Mabes TNI AD diperintahkan untuk melaksanakan kebersihan mengantisipasi dan mencegah terjadinya fluktuasi atau perkembangan DBD di kota Dumai,”ujarnya.

Katanya lagi, kegiatan bersama ini akan dilaksanakan secara rutin. Selain melaksanakan gotong royong bersama dengan membersihkan parit-parit juga dilaksanakan penyemprotan fogging, memberikan abate serta mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimana mencegah DBD.

“Kali ini wilayah yang menjadi sasaran gotong royong bersama yaitu Pasar Bundaran, Jaya Mukti yang menjadi prioritas utama, dan kedepan akan melakukan kegiatan yang sama juga tebtunya disejumlah tempat yang lainya secara rutin, bisa dilaksanakan setiap minggu. Yang pasti dalam melaksanakan kegiatan mendapatkan target yang diselesaikan dengan pencegahan DBD tersebut,”ujar Dandim.

Ditempat yang sama, Kadis Kesehatan Kota Dumai dr Saiful yang turut hadir menyambut baik atas kegiatan yang di inisiasi oleh Kodim 0320-Dumai yang telah melaksanakan kegiatan sangat penting ditengah masyarakat dengan bergotong royong bersama.

“Dimana kita ketahui bersama, pada saat ini Kota Dumai untuk masalah penyakit DBD salah satu penyakit yang berbahaya dan perlu penangan secara konprensif. Hari ini, adalah kegiatan dimana kita bersama melaksanakan kebersihan lingkungan dengan memberantas sarang nyamuk, ini sebagai kunci bagaimana kita bisa menurunkan angka DBD di Kota Dumai,”ujar dr Saiful.

Mudah-mudahan dengan kegiatan ini masyarakat terlindungi dari penyakit DBD, sehingga kesehatan masyarakat dapat terjamin dan mendapat kehidupan yang layak dan sehat.

Kegiatan Karya Bakti Kodim 0320/Dumai ini juga dilakukan penanaman 200 pohon pinang dan coklat diwilayah Kec. Sungai sembilan (rio)