Bupati Berhadir di Kontes Nasional Bonsai PPBI Kabupaten Siak 2023 di Perawang

SIAK (DUMAIPOSNEWS.COM) – Sebanyak 502 pohon Bonsai dari berbagai Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) di tanah air mengikuti konser Bonsai Nasional yang di PPBI Kabupaten Siak sejak 4 Desember kemarin. Pada Sabtu (9/12) Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi terlihat berhadir di iven yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Tualang tersebut.

Pantauan di lapangan terlihat Bupati mengelilingi stand untuk.melihat akan keindahan dan eksotis tumbuhan yang terkadang bernilai ratusan bahkan miliaran rupiah tersebut. Bupatipun menyempatkan untuk.berfoto bersama dengan latar indahnya tanaman bonsai.

Kongkowkuy

Dikesempatan itu bupati menyampaikan bahwa konser bonsai ini juga menumbuh kembangkan UMKM, pasalnya kontes ini bisa mendatangkan usaha-usaha menengah dan kecil yang baru.

Demikian disampaikan Sekretaris PPBI Kabupaten Siak, Alimulhakim Rais saat dijumpai disela-sela kunjungan bupati Sabtu (9/12). Menurutnya apa yang disampaikan Bupati menambah amunisi bagi PPBI untuk terus berkarya dan merealisasikan berbagai program ke depannya.

“Memang PPBI Kabupaten Siak baru terbentuk 6 bulan, namun kita telah berani dan sukses melaksanakan kontes Bonsai Nasional untuk pertama kali di Kabupaten Siak ini dengan diikuti 502 pohon Bonsai. Kita mengagungkan menggelar kegiatan yang sama.sekali dalam dua tahun,” ulasan Alimulhakim.

Dilihat lain, Mirsyad, juri dari PPBI pusat saat dimintai keterangan memberikan apresiasi kepada PPBI Kabupaten Siak. Pelaksanaan kontes dinilai sukses dan salut untuknpengurusnya karena baru terbentuk telah menggelar kontes.

“Secara umum pelaksanaan sukses, dan kekurangan yang diketahui dan disampaikan hendaklah di perbaiki sebagaimana mestinya,” sebut Mirsyad yang mengaku dari Daek Lingga Kepri ini.

Untuk kontes ini yang keluar sebagai juara pada kelas Madya yang diikuti sebanyak 40 pohon adalah bonsai dari Lubuk Linggau Sumatera Selatan. Di kelas Pratama diikuti 158 pohon dengan juaranya Bonsai dari Pekanbaru-Riai dengan nama Bonsai Anting Puteri.

“Untuk di Kelas lainnya dan merupakan pemula adalah kelas prospek dan bahan, masing-masing diikuti 261 pohon dan 39 pohon. Kelas inibtidak dipersembahkan, ” jelasnya. (Rel)