Alasan dan Manfaat Memilih Menu Sarapan yang Dianjurkan untuk Kesehatan Mata

DUMAIPOSNEWS.COM – Sarapan memiliki manfaat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan seseorang untuk memulai kegiatan dalam sehari penuh. Sangat dianjurkan untuk sarapan sebelum memulai aktivitas di pagi hari.

Akan lebih baik memilih menu sarapan yang kaya akan nutrisi terutama untuk indra penglihat, ahli kesehatan mata menyarankan untuk memulai asupan makanan dengan telur dadar, bayam, tomat, dan salmon.

Kongkowkuy

“Nutrisi berperan besar dalam menjaga kesehatan mata kita,” kata Jennifer Tsai. OD, seorang dokter mata bersertifikat dan pendiri Line of Sight, sebuah praktik perawatan mata integratif di New York.

“Pemeriksaan mata secara teratur memang penting, tetapi nutrisi untuk mata dapat membantu perlindungan retina, menjaga kesehatan macula (area kecil dan sangat sensitif di bagian tengah retina mata yang bertanggung jawab atas penglihatan pusat) dan mencegah masalah seperti mata kering.” sambungnya.

Dilansir dari Livestrong, berikut alasan dan manfaat memilih menu sarapan yang sangat dianjurkan untuk kesehatan mata.

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, seperti telur, bayam, dan salmon membantu menjaga kornea (permukaan mata) serta berperan dalam rhodopsin, enzim yang peka terhadap cahaya di retina.

Selain itu, vitamin C bisa didapatkan dari bayam dan tomat. Vitamin ini dapat mengurangi risiko terkena katarak dan memperlambat perkembangan masalah penglihatan yang disebabkan oleh faktor usia.

Telur dan salmon merupakan sumber vitamin D. Kadar vitamin D dapat mengurangi masalah seperti miopia (rabun jauh), kehilangan penglihatan yang berkaitan dengan usia, retinopati diabetes, dan mata kering.

Memiliki Antioksidan Penting

Menu sarapan telur dadar yang lezat penuh dengan senyawa antioksidan yang bisa membantu untuk mencegah kerusakan mata.

Lutein dan zeaxanthin, yang terkandung dalam kuning telur dan bayam, dianggap sebagai antioksidan yang dapat melindungi makula, meningkatkan ketajaman penglihatan, dan menangkis kerusakan oksidatif.

Kandungan ini juga dapat mengurangi risiko gangguan mata seperti penurunan fungsi makula dan katarak yang berkaitan dengan usia.

Dipenuhi dengan Kandungan Lemak Sehat

Asam lemak omega tiga, yang dapat diperoleh dari ikan salmon dan telur, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan otak, terutama bagi mata.

Omega tiga berperan dalam meningkatkan pandangan dan fungsi retina, mengurangi peradangan pada mata, meningkatkan produksi air mata, dan membantu mendukung lapisan luar mata yang berminyak.

Sumber: Jawapos.com