7 Manfaat Delima untuk Kesehatan yang Jarang Orang Ketahui

DUMAIPOSNEWS.COM – Delima memang dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Pasalnya, terkandung sekitar 30 mg vitamin C atau setara dengan 40 persen dari kebutuhan harian tubuh. Tak heran jika delima dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Untuk merasakan manfaatnya, delima bisa dimakan secara langsung maupun dijadikan campuran dalam makanan dan minuman. Berikut tujuh manfaat delima untuk kesehatan jika dikonsumsi secara teratur dan dalam jumlah sedang.

Kongkowkuy

1.Kaya antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dalam jumlah tinggi dapat berbahaya terhadap sejumlah penyakit kronis.

Dikutip dari Healthline, delima kaya akan antioksidan dan senyawa polifenol, termasuk punicalagins, anthocyanin, dan tanin yang dapat terhidrolisis. Mendapatkan antioksidan dari buah-buahan seperti buah delima, baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan mencegah penyakit.

2. Mencegah peradangan

Peradangan kronis bisa menyebabkan banyak penyakit, seperti jantung, diabetes tipe 2, dan kanker. Kamu bisa mencegahnya dengan mengonsumsi delima.

Delima dapat membantu mencegah peradangan terkait dengan kondisi kronis, karena kandungan di dalamnya yaitu punicalagins, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

3. Baik untuk kesehatan otak

Kandungan antioksidan yang disebut ellagitannins dalam buah delima membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Kandungan ellagitannin dapat membantu melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan Parkinson dengan mengurangi kerusakan oksidatif dan meningkatkan kelangsungan hidup sel-sel otak. Ellagitannin dapat menghasilkan senyawa di usus yang disebut urolithin A, yang membantu mengurangi peradangan di otak dan menunda timbulnya penyakit kognitif.

4. Baik untuk kesehatan pencernaan

Mengonsumsi buah delima dapat membantu tumbuhnya mikroba usus yang memainkan peran penting dalam banyak aspek kesehatan. Delima bisa menaikan kadar bakteri usus yang menguntungkan, dengan menunjukkan bahwa buah delima memiliki efek prebiotic.

Prebiotik berfungsi sebagai bahan bakar bagi bakteri baik di usus dan mendukung mikrobioma usus yang lebih sehat. Buah delima juga kaya akan serat untuk kesehatan pencernaan dan melindungi dari beberapa kondisi pencernaan.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Dilansir dari Health Shots, minum jus delima dalam jumlah sedang dapat membantu mencegah penyakit jantung, karena mengandung polifenol yang membantu kesehatan jantung. Penelitian Fitoterapi pada 2017 menemukan, minum jus delima dapat mengurangi frekuensi dan nyeri dada, yang menjadi gejala penyakit jantung.

6. Menurunkan berat badan

Delima kaya akan serat dan salah satu buah yang rendah kalori, sehingga baik mengonsumsi buah delima ketika kamu sedang menjalani proses penurunan berat badan. Buah yang hanya bisa dikonsumsi bijinya ini mengandung polifenol yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh menghilangkan lemak.

7. Meningkatkan kesuburan

Buah delima membantu memproduksi asam folat yang dibutuhkan ketika pembuahan. Buah ini juga mengandung antioksidan.

Buah dengan warna merah cerah ini juga membantu meningkat aliran darah ke rahim dan menguatkan lapisan rahim, hal ini karena kandungan antioksidan pada delima.

Sumber: Jawapos.com