4 Tips Cegah Dehidrasi Saat Cuaca Panas, Dijamin Gak Bosenin

DUMAIPOSNEWS.COM – Sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Surabaya mengalami suhu panas dalam beberapa waktu terakhir. Cuaca panas yang ekstrim dapat meningkatkan risiko dehidrasi dan dapat berdampak buruk pada kesehatan seseorang.

Menurutnya dehidrasi dapat terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan dari pada yang diterimanya. Hal ini dapat mengakibatkan gejala seperti sakit kepala, pusing, lemas, dan dalam kasus yang lebih serius, dapat membahayakan organ tubuh.

Kongkowkuy

“Sebagian orang kadang menyepelekan dehidrasi, padahal efeknya bisa bikin gak fokus, kadar elektrolit turun, kulit kering, gampang sakit, dan banyak lagi. Mana cuaca lagi panas begini, kudu menge-track terus nih kebiasaan rehidrasi atau minumnya,’’ papar Rizal.

Dalam hal ini, Mochammad Rizal SGz salah seorang Alumnus S1 Ilmu Gizi Universitas Airlangga (UNAIR) membagikan. sejumlah tips aplikatif dalam mencegah dehidrasi.

1. Pakai reminder

Dirinya mengajak untuk membuat jeda antara 1-2 jam sekali minum secangkir air putih. Minimal 2-2,5 liter atau 8-10 gelas sehari.

“Jadikan momen rehidrasi sekalian jadi momen peregangan otot biar gak terlalu stress sama kerjaan. Istilahnya, quick rest gitu,” paparnya.

Adapun aplikasi untuk reminder minum, antara lain: Water Drink Reminder, Daily Water Tracker Reminder, dan Aqualert.

2. Air kelapa

Selanjutnya, air kelapa bisa menjadi tambahan elektrolit pencegah dehidrasi yang segar dan membantu mood naik. “Tentunya, gak pake gula dan sirup berlebihan ya,” imbuh Nutrisionis Rizal.

3. Perbanyak Makan Sayuran Berkuah

Di samping air putih dan air kelapa, terdapat sumber cairan lain yang bisa dikonsumsi. Yakni buah dan sayuran.

“Siapa bilang rehidrasi hanya bisa dari minuman? Makanan juga bisa! Olahan berkuah kayak sayur bening, tekwan, soto, sop, dan lain-lain. Itu bakal menyumbang kadar air untuk tubuh kita,” terang alumnus UNAIR itu.

4. Bawa Tumbler Kemana-Mana

Tumbler yang menarik bisa meningkatkan semangat rehidrasi rutin, sekaligus menghemat pengeluaran membeli minum.

“Boleh sekalian pilih model handy yang ada fitur menjaga suhu dan tracker volume airnya,” tutur pemilik akun instagram @Rizalnutritionist.

“Saya pribadi sejak punya tumbler khusus, bawaannya jadi lebih rajin minum. Soalnya, suhu airnya awet berjam-jam dan berguna banget di musim panas maupun dingin karena bisa untuk suhu dingin dan panas,” imbuhnya.

Sumber: Jawapos.com