4 Manfaat Tanaman Adas Bagi Kesehatan, Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh Hingga Lawan Penyakit Kanker

DUMAIPOSNEWS.COM – Tak sedikit dari kita yang tak mengenal tanaman adas. Padahal tumbuhan ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan.

Mulai dari bagian Biji Adas yang dapat dikonsumsi sebagai campuran bumbu masak dan berbagai pengobatan alami. Sementara Daun Adas dapat diolah menjadi santapan kuliner seperti tumis adas, bobor adas, dan berbagai sajian lainnya.

Kongkowkuy

Tumbuhan Adas memiliki warna hijau dan putih dengan daun yang berbentuk seperti bulu-bulu, serta bunga berwarna kuning.

Tanaman yang memiliki nama latin foeniculum vulgare ini memiliki kandungan antioksidan, anti-inflamasi, serta antibakteri yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Dilansir dari Healthline, Selasa (7/11), tanaman Adas memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Menjaga Imunitas Tubuh
Adas mengandung vitamin C, antioksidan, antibakteri, dan berbagai nutrisi yang bisa melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Kandungan antibakteri di dalamnya juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur yang membahayakan tubuh, seperti escherichia coli, staphylococcus aureus, dan candida albicans.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Daun adas dan bijinya mengandung serat, potasium, magnesium, dan kalsium yang penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Konsumsi adas dapat mengontrol kolesterol dan menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga tumbuhan tersebut sangat baik untuk kesehatan jantung.

3. Melawan Penyakit Kanker
Biji Adas mengandung anethole, senyawa aktif yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit serius, salah satunya kanker payudara. Kandungan tersebut dapat menekan pertumbuhan sel dan menghentikan penyebaran sel kanker payudara.

4. Meningkatkan Produksi ASI
Kandungan glukogenik dalam tumbuhan adas dapat meningkatkan sekresi susu dan kadar prolaktin. Hormon tersebut dapat membantu merangsang tubuh untuk memproduksi ASI.

Sumber: Jawapos.com