Tekan Angka Kecelakaan Kerja, Ini Upaya BPJS Ketenagakerjaan

DURI (DUMAIPOSNEWS.COM) — BPJS Ketenagakerjaan terus berupaya secara konsisten dalam menjalankan upaya promotif dan preventif sebagai bagian dari komitmennya untuk menurunkan angka kecelakaan kerja.

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, bersama Direktorat Jenderal Binwasnaker dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan RI, secara resmi membuka kegiatan Promotif dan Preventif BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2023. Kegiatan ini dilakukan serentak di 10 wilayah berbeda di seluruh Indonesia.

Kongkowkuy

Di wilayah DKI Jakarta, BPJS Ketenagakerjaan bekerja sama dengan Korlantas Polri dalam menyelenggarakan safety riding dan safety driving bersertifikat. Acara ini diikuti oleh 330 peserta dari berbagai perusahaan.

Sementara itu, di wilayah lainnya, upaya promotif preventif dilakukan dengan memberikan bantuan multivitamin untuk pekerja wanita, memberikan Alat Pelindung Diri (APD) kepada pekerja di sektor perkebunan, menyelenggarakan pelatihan K3 yang bersertifikat, serta menyesuaikan lingkungan kerja agar lebih ramah bagi pekerja dengan disabilitas.

Kegiatan promotif preventif telah menjadi fokus BPJS Ketenagakerjaan sejak tahun 2019.

BPJS Ketenagakerjaan berharap bahwa melalui kegiatan ini, akan terwujud sinergi dan harmoni antara pemerintah, pengusaha, dan pekerja dalam mencapai kesejahteraan bagi para pekerja. Langkah-langkah ini diambil dalam rangka menjaga keselamatan dan kesejahteraan pekerja di tempat kerja.(rls/usa)