Bupati Bengkalis Buka Pelatihan Berdasarkan Unit Kompetensi Tahun Anggaran 2023

DURI (DUMAIPOSNEWS.COM) – Bupati Bengkalis Kasmarni S.Sos M.MP, Jumat (06/10/23) membuka secara resmi Pelatihan Berdasarkan Unit Kompetensi (PBUK) tahun anggaran 2023 yang dilaksanakan Disnakertrans Kabupaten Bengkalis untuk jurusan rigger, welder, digital marketing dan menjahit di Hotel Surya, Duri.

“Kami tentunya menyambut baik serta memberikan apresiasi yang tinggi kepada Disnakertrans yang telah melaksanakan kegiatan PBUK bekerja dengan PHR dalam upaya meningkatkan keterampilan dan kompetensi sebelum memasuki dunia kerja. Kepada PHR kami mengucapkan terima kasih agar kerjasama ini terus berlanjut, bertambah setiap tahun,” ujar Bupati.

Kongkowkuy

Kepada Disnakertras Bengkalis, Bupati juga meminta agar program pelatihan ini terus berlanjut dengan mengikutsertakan seluruh putra putri terbaik di Bengkalis, bisa dengan program dan keterampilan berbeda disesuaikan dengan potensi masing-masing

“Bagi para peserta kami berpesan agar mengikuti pelatihan dengan serius dan tetap jaga kesehatan dan keselamatan. Pahami setiap materi yang disampaikan instruktur agar kedepannya para peserta memiliki kompetensi yang diandalkan, baik untuk mencari kerja maupun buka usaha sendiri,” tuturnya.

Dijelaskan Kepala Disnakertrans Kabupaten Bengkalis Salman Alfarisi ST, pelatihan ini diadakan sesuai dengan visi-misi Bupati yang salah satunya mewujudkan pengelolaan potensi keuangan daerah, sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang Efektif dalam memajukan perekonomian. Juga untuk membekali, meningkatkan, dan mengembangkan kompetensi kerja guna meningkatkan kemampuan, produktivitas, dan kesejahteraan

“Hal ini selaras dengan 8 program unggulan Bupati yang salah satunya adalah program stimulus ekonomi bagi pekerja sektor informal seperti buruh, petani, peternak dan lain-lain, peningkatan lapangan pekerjaan dan penerapan teknologi serta inovasi dibidang perekonomian,” ujar Salman Alfarisi.

Maka dari itu lanjut Salman, pelatihan yang ditaja oleh UPTLK Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Kabupaten Bengkalis merupakan salah satu bentuk dalam pelaksanaan program tersebut.

“Peserta kegiatan pelatihan berdasarkan unit kompetensi yang mengikuti pelatihan ini berasal dari masyarakat kabupaten Bengkalis yang terdiri dari jurusan welder, rigger, digital marketing, dan menjahit yang bekerja sama dengan Pertamina Hulu Rokan (PHR) dan Politeknik Caltex Riau (PCR), berjumlah 103 orang peserta,” paparnya.

Untuk instruktur, pihaknya sebut Salman lagi didatangkan dari tenaga instruktur dan asesor selama pelatihan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Indonesia.
Anggaran. Pelatihan ini juga didukung CSR PHR melalui UPT PCR Caltex Rumbai.

“Seluruh peserta akan mendapatkan fasilitas seragam, ATK, alat praktikum dan juga konsumsi yang disediakan oleh panitia pelaksana,” ungkapnya.

Secara keseluruhan dijelaskan Salman, jumlah pendaftaran yang diterima secara online secara keseluruhan berjumlah 635 orang. Sehingga dilakukan seleksi untuk bisa menyaring jumlah peserta yang dibutuhkan dan diterima sebagai peserta hanya berjumlah 103 orang.

“Dengan rincian 80 orang peserta anggaran APBD Bengkalis, 23 orang peserta CSR Pertamina Hulu Rokan (PHR) melalui UPT Politeknik Caltex Riau (PCR) Rumbai. Untuk itu diminta kepada para peserta untuk dapat mengikuti pelatihan secara sungguh-sungguh dan menjaga Kesehatan. Kami dari Dinas Tenaga kerja dan transmigrasi kabupaten bengkalis mengucapkan banyak terima kasih kepada Pertamina Hulu Rokan (PHR) dan Politeknik Caltex Riau yang bekerjasama dalam program pelatihan untuk masyarakat Bengkalis semoga tahun depan dapat berlanjut dan bertambah jumlah peserta,” tukasnya.

Tampak hadir, beberapa anggota DPRD Bengkalis, perwakilan SKK Migas Sumbagut, Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi Yanin Kholison, Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto, Kepala UPT PPM Politeknik Caltex Riau Zainal dan Rombongan, Kepala UPTLK Disnakertrans Sri Murni ST MT, sejumlah Upika Mandau, Pinggir, Bathin Solapan dan banyak undangan lainnya.(usa)