Akhir Oktober Pedagang Pasar Dok Direlokasi ke Kelakap

DUMAI(DUMAIPOSNEWS.COM) — Pemerintah terus memperindah tata ruang kota dengan melakukan berbagai perencanaan dan pengaturan agar pemandangan terlihat cantik dan arus lalulintas lancar. Salah satunya dengan merelokasi ratusan pedagang Pasar Dok ke Pasar Kelakap Kelurahan Simpang Tetap Darul Ikhsan (STDI), Dumai Barat.

Sebanyak 210 pedagang yang saat ini menduduki bahu jalam MH Thamrin akan direlokasi ke Pasar Kelakap. Tak hanya itu, pemerintah meminta PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) untuk menertibkan bangunan yang berada laha konsesinya dari Jalan MH Thamrin hingga menuju ke gerbang masuk perumahan Pertamina.

Kongkowkuy

Kepala Dinas Perdagangan Kota Dumai H Fridarson ketika dikonfirmasi secara gamblang menjelaskan rencana relokasi pedagang pasar Dok ke Pasar Kelakap Tujuh.

Mengacu pada scedule maka proses relokasi akan dilakukan pada akhir Oktober 2023 tentunya dengan melihat kesiapan dari Pasar Kelakap yang saat ini dalam proses perbaikan. ” Kalau sebelum akhir bulan sudah tuntas semua pekerjaan termasuk pengadaan air dan listrik maka pemindahkan pedagang akan dilakukan segera. Namun demikian apabila pekerjaan renovasi belum tuntas maka relokasi akan dilaksanakan sekitar Novemver 2023,”tutur mantan Sekwan DPRD Dumai ini.

Perbaikan yang dilakukan saat ini berupa penataan kios yang selama ini secara estetika kurang tepat. Begitu juga dengan lapak pedagang akan diperlebar.

Relokasi pedagang Pasar Dok yang menduduki bahu jalan mnerupakan langkah pemerintah untuk membangun keindahan kota. Selain itu memperlancar lalulintas di jalan MH Thamrin pada waktu pagi hari, serta menjaga para pedagang dan pembeli terhindar dari kecelakaan.

“Kita memindahkan pedagang sekaligus memberikan solusi bukan hanya sekedar melarang. Mereka kita beri tempat yang layak di Pasar Kelakap Tujuh dengan fasilitas lengkap mulai air bersih, listrik serta tempat yang tak becek dan banjir,”katanya.

Berbagai upaya akan kita lakukan agar pasar pemerintah Kelakap Tujuh ini bisa beroperasi seperti pasar pasar lainnya agar ada aktivitas jual dan beli. Untuk mempermudah masyarakat datang pemerintah telah membangun jalan tembus yang berada di belakang pasar. Kedepan jumlah jalan tembus menuju ke Pasar Kelakap tersebut akan ditingkatkan jumlahnya.

Sebelumnya Rencana memfungsikan Pasar Kelakap Tujuh dan relokasi pedagang Pasar Dok mendapat dukungan dari kapolres Dumai, kepala Kejari Dumai, Dansatradar Dumai serta Kodim 0320 Dumai. Mereka meminta rencana relokasi itu terus disosialisasikan pada para pedagang agar mereka tahu kapan jadwal pemindahan. Tak hanya itu, mereka juga meminta kepada pemerintah untuk membuat spanduk besar tentang rencana memfungsikan kembali Pasar Kelakap dan merelokasi pedagang Pasar Dok ke Pasar Kelakap tujuh agar masyarakat yang akan berbelanja bisa tahu dan menuju ke Pasar Kelakap.(wan)