Tugu Adipura Pengingat Kebersihan Kota

DUMAI(DUMAIPOSNEWS.COM) – Wali Kota Dumai H Paisal terus membuat gebrakan dalam pembangunan diberbagai sektor baik infrastruktur, pendidikan, kesehatan hingga pariwisata.

Termasuk pembangunan tugu adipura tahun 2022 di eks tuga burung serindit di simpang empat sukajadi yang saat ini sudah rampung dikerjakan tinggal finishing dibagian bawah.

Kongkowkuy

Pengambilan lokasi di depan Bank Riau Kepri (BRK) Syariah tersebut telah melakukan berbagai kajian dari sisi keindahan sehingga memiliki manfaat bagi masyarakat kota Dumai.

Wali Kota Dumai H Paisal menjelaskan tugu adipura kategori kota sedang tahun 2022 tersebut dibangun bersumber anggaran dari CSR BRK Syariah cabang Dumai.

Bagi masyarakat Dumai tentunya ini merupakan hal baru merupakan monumen prestasi kebersihan yang letak jantung di jantung Kota.

Monumen yang tepat di persimpangan jalan tersebut merupakan bukti dari komitmen warga masyarakat dan petugas kebersihan dalam menjaga kebersihan lingkungan kota.

Bangunan lebih dominan berwarna hitam dibagian bawah, sedangkan pada bagian atas di bagian list berwarna kuning emas begitu juga pada logo adipur di tiga sisinya.

Kata wako piala adipura merupakan penghargaan tertinggi bagi kota terpilih di Indonesia yang berhasil menjaga kebersihan dan mengelolah lingkungan perkotaan.

Dengan tujuan yang positif, agar tiap elemen dalam perkotaan berlomba-lomba menjaga kebersihan serta berinovasi menangani limbah masyarakat.

“Kita bangun disini karena kawasan ini merupakan wajahnya kota atau kota modern beberapa tahun ke depan dan Tugu Adipura inilah yang melambangkan bahwa kotanya bersih, kalau tempat nya kotor maka tidak sejalan dengan Piala Adipura yang sudah diraih,” jelasnya.

Lain itu, ini sebagai bentuk peringatan atas diraihnya penghargaan Adipura tingkat Kota Sedang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia .

Penghargaan Adipura ini diraih pertama kali semenjak berdirinya Kota Dumai pada tahun 1999,untuk memperingati prestasi yang belum pernah ditorehkan itu, maka Pemerintah Kota Dumai membangun tugu Piala Adipura.

Adipura merupakan salah satu torehan prestasi yang begitu bergengsi bagi Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Penghargaan ini menjadi salah satu ikon dari sebuah Kabupaten/Kota terkait aspek lingkungan hidup.

Paisal menambahkan bahwa nantinya tugu Adipura ini diharapkan menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Kota Dumai, serta menjadi motivasi untuk mempertahankan gelar bergengsi tersebut di masa yang akan datang.

“Pembangunan ini kita harapkan menjadi salah satu ikon di Kota Dumai nantinya,”harap wako.(wan/inf)