Tingkatkan Keamanan Pelabuhan Penumpang International, Pelindo Dumai Gelar Drill ISPS Code

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – PT Pelindo (Persero) Regional 1 Dumai kembali menggelar kegiatan drill ISPS Code. Kegiatan ini diikuti puluhan peserta dari Petugas Security, PFSO, Deputi PFSO dan BKO TNI AL, Jumat (8/9/2023).

Kegiatan Drill Pelindo Dumai dibuka oleh Deputy PFSO bidang Training, Drill & Amp Exercise, Ikazurry Mutia dan didampingi Deputy PFSO Bidang Pengamanan, M. Aulia Arsyad.

Kongkowkuy

Kali ini, kegiatan drill atau simulasi latihan difokuskan pada prosedur penanganan keamanan di area terbatas Terminal Penumpang Internasional.

Manager Sistem Manajemen di PT Pelindo (Persero) Regional 1 Dumai, Hardi didampingi Humas Pelindo Regional 1 Dumai, Syafei mengatakan dilaksanakan drill ISPS Code untuk meningkatkan keterampilan serta mengasah kemampuan petugas keamanan pelabuhan dalam menjaga keamanan di pelabuhan.

“Dengan drill ISPS Code ini, kita harapkan petugas keamanan pelabuhan semakin terampil mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan. Misalnya seperti penanganan kebakaran, tindak pidana pencurian dan hal lain yang berpotensi mengganggu keamanan yang dapat membahayakan penumpang atau petugas yang berkegiatan di terminal penumpang,” ucapnya, Selasa (14/9/2023).

Lanjut dia, drill atau latihan simulasi di pelabuhan merupakan persyaratan yang harus dilaksanakan untuk memperoleh ISPS Code (International Ship and Port Facility Security Code). ISPS Code ini merupakan koda internasional untuk kapal dan fasilitas pelabuhan yang berlayar/disandari Kapal-kapal Internasional. Koda ini juga menjamin kapal dan fasilitas pelabuhan tersebut aman untuk disandari kapal.

Kegiatan Drill ISPS Code rutin dilakukan PT Pelindo (Persero) Regional 1 Dumai setiap 3 bulan sekali. Hal ini merupakan mandatory yang harus dilaksanakan PT Pelindo (Persero) Regional 1 Dumai yang mana telah memiliki sertifikat ISPS Code pada tanggal 18 Maret 2021 dengan No SoCPF : 002-0551-DV.(men)