PT Pelindo Regional 1 Dumai Raih Penghargaan Zero Accident

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – PT Pelindo (Persero) Regional 1 Dumai mendapatkan penghargaan nihil kecelakaan kerja atau Zero Accident Award dari Gubernur Riau.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau, SF Hariyanto kepada General Manager, Jonatan Ginting yang diwakili Manajer Sistem Management, Hardi pada malam anugerah Keselamatan dan Kesehatan Kerja 2023 di Hotel Novotel, Pekanbaru Kamis (31/08/2023).

Kongkowkuy

Program zero accident (kecelakaan nihil) ialah tanda penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang diberikan pemerintah kepada manajemen perusahaan yang telah berhasil dalam melaksanakan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja sehingga mencapai nihil kecelakaan (zero accident).

Sekda Provinsi Riau, SF Hariyanto mengatakan peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tingkat Provinsi Riau telah sukses dilaksanakan. Implementasi dari peringatan bulan K3 ini dapat menjadi budaya yang harus menekan pada setiap insan pekerja, baik dunia usaha maupun ke lembaga pemerintah dan non pemerintah.

“Budaya K3 merupakan bagian integral dalam pembangunan nasional untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan pekerja. Sebagai mendukung terlaksananya K3 secara seragam dan serentak dalam rangka menjamin keselamatan tenaga kerja dan lingkungannya,” pesan Hariyanto.

Pelindo selain menerima serfikat zero accident juga menerima hadiah atas kemenangannya sebagai peserta terbaik satu untuk aksi kompak penampilan yel-yel K3.

Manajer Sistem Management Hardi mewakili General Manager mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Ketenagaan Kerja RI dan Pemerintah Provinsi Riau atas penghargaan yang diberikan.

Menurut dia, penghargaan ini merupakan buah kerja keras dari semua pihak yang secara konsisten menjalankan program K3 di wilayah kerja PT Pelindo Regional 1 Dumai.

Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja, Pelindo Regional 1 Dumai telah membuat regulasi keselamatan tenaga kerja yang harus ditaati oleh seluruh pekerja, diantaranya pekerja diwajibkan menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) helmet, kacamata kerja, sepatu safety, sarung tangan, rompi atau jacket, APD yang disesuaikan dengan kondisi lapangan kerjanya. Berbeda dengan pekerja pandu tentunya memerlukan life jacket dan kelengkapan lainnya.

Dikesempatan lain General Manager PT Pelindo (Persero) Regional 1 Dumai, Jonatan Ginting menyambut gembira atas dua kemenangan yang diraih pada anugerah K3 tahun 2023.

“Terkait dengan penghargaan ini, tentunya ini adalah kemenangan kita bersama, namun kita berharap tidak berpuas diri dan hanya sampai disini, Mari kita ditingkatkan lagi prestasi untuk realisasi di lapangan yang lebih baik,” ujar Jonatan Ginting di ruang kerjanya.(rls/men)